Tiga Pohon Angsana Tumbang, Jalan Raya Kutaraja Sempat Lumpuh

Tiga Pohon Angsana Tumbang, Jalan Raya Kutaraja Sempat Lumpuh

Petugas Damkar dibantu warga Kutaraja dan aparat desa membersihkan batang pohon dari badan jalan, Selasa 10 Januari 2023. (Istimewa)--

Radarkuningan.com, KUNINGAN- Tiga buah pohon Angsana berukuran cukup besar di Jalan Raya Kutaraja, Maleber, Kuningan mendadak tumbang, Selasa siang 10 Januari 2023 sekitar pukul 13.30. Ketiga batang yang roboh itu menutupi badan jalan. Dampaknya, arus lalulintas di sekitar lokasi terpaksa ditutup untuk beberapa saat.
 
Petugas Damkar dan BPBD Kuningan yang datang ke lokasi kejadian segera melakukan pemotongan batang pohon. Menggunakan gergaji mesin, proses pembersihan batang pohon berjalan lancar. Upaya pembersihan juga mendapat bantuan dari warga setempat serta aparat kecamatan. 
 
 
Kepala UPT Damkar Kuningan, M Khadafi mengaku jika pihaknya mendapat laporan dari Nanang Sumarna, Kepala KSP Maleber. Awalnya Nanang memberitahu jika tiga buah pohon yang berdiri di Jalan Raya Kutaraja mendadak tumbang. Kejadian itu berlangsung di tengah hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut.
 
Pihaknya kemudian menerjunkan tiga petugas dan satu unit kendaraan. Tak lupa petugas juga membawa mesin pemotong untuk memudahkan proses pembersihan batang pohon dari badan jalan. Selama proses pembersihan, cuaca di sekitar lokasi mulai tidak hujan.
 
 
"Kami mendapat laporan dari Pak Nanang Sumarna sekitar pukul 13.35. Lokasi kejadian lumayan jauh dari kantor kami. Sehingga dibutuhkan waktu lebih banyak untuk sampai lokasi," terang Khadafi, Selasa 10 Januari 2023.
 
Lantaran batang pohon berukuran besar dan jumlahnya ada tiga buah, praktis pemotongannya cukup lama. Sekitar satu jam lebih barulah semua batang pohon bisa dibersihkan, dan arus lalulintas di jalan raya tersebut berjalan lancar. 
 
 
'Rata rata diameter batang pohon Angsana yang timbang itu satu meteran. Tingginya sekitar 15 meteran. Untungnya saat kejadian, tidak ada kendaraan yang melintas. Alhamdulillah tidak ada korban dalam kejadian ini," tutur Khadafi. 
 
Dia juga berterima kasih kepada semua pihak karena sudah membantu pembersihan batang pohon yang tumbang. "Warga, aparat desa, kecamatan, Koramil dan Polsek juga turun tangan. Jadi kami tidak bekerja sendiri dalam kejadian ini," ungkap dia. (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: