Direlokasi Pemkab, Senin Siswa SDN 17 Kuningan 'Bedol Sekolah'

Direlokasi Pemkab, Senin Siswa SDN 17 Kuningan 'Bedol Sekolah'

Kepala Disdikbud Kuningan, Uca Somantri dan Kabid Pendas Rizal Arif Gunawan memantau proses perbaikan di gedung eks SMA Kosgoro Kuningan, Jumat 13 Januari 2023. (Ahus Sugiarto)--

Radarkuningan.com, KUNINGAN- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kuningan terus menata bangunan eks SMA Kosgoro. Pasalnya, hari Senin pagi 16 Januari 2023, ratusan siswa SDN 17 Kuningan akan dikirab ke gedung tersebut. Kirab siswa itu menandai 'bedol sekolah' dari gedung lama ke lokasi yang baru.

Karena itu, Bidang Pendidikan Dasar pada Disdikbud Kuningan mempercepat penataan eks SMA Kosgoro yang berada di Jl Ir H Juanda,. Beberapa pekerja melakukan pengecatan, penataan ruang kelas, taman dan toilet. Kepala Disdikbud, Uca Somantri bersama Kabid Pendas, Rizal Arif Gunawan memantau langsung proses perbaikan bangunan, Jumat siang 13 Januari 2023.
 
 
Uca dan Rizal berkeliling di sekolah yang akan mulai ditempati siswa SDN 17 Kuningan hari Senin. Tiba di ruangan kelas paling ujung, Uca meminta mandor untuk mengganti kusen yang keropos dimakan rayap.
 
"Ruangan yang kondisi mengalami kerusakan ini nantinya akan difungsikan untuk ruang guru, bukan ruang kelas. Alhamdulillah perbaikan fasilitas bangunan hampir mencapai 100 persen," ujar Uca.
 
Uca mengatakan, jumlah ruang kelas siswa lebih dari 24 buah. Ini sesuai dengan jumlah rombongan belajar SDN 17. Jumlah siswa sebanyak 600 an. Di sekolah ini juga dilengkapi ruang UKS dan Aula. Ditambah fasilitas pendukung lainnya, hingga bisa membuat siswa nyaman. Bahkan di area lapangan upacara sudah dipasang lampu PJU oleh Dinas Perhubungan.
 
 
SDN 17 Kuningan memiliki sekitar 600 siswa dari kelas I sampai kelas VI. Setiap rombel ada empat kelas. Jadi total ruang kelas yang dibutuhkan sebanyak 24 kelas. Dan di eks SMA Kosgoro sudah tersedia. Pihaknya menjamin, sarana kegiatan belajar mengajar sudah siap di hari pertama siswa menempati eks SMA Kosgoro tersebut.
 
"Ruang kelas yang sebelumnya tidak dikeramik, sekarang sudah dipasang. Kelebihan lain dari ruang kelas eks SMA Kosgoro yakni jauh lebih luas dari ruang kelas SDN 17 yang berada di Jalan Siliwangi. Kemudian juga jauh dari keramaian kendaraan,. Ini akan membuat siswa tenang ketika belajar," papar Uca.
 
 
Pria berperawakan kurus itu juga membenarkan rencana kirab siswa ketika akan pindah. Bahkan Bupati Acep akan hadir dalam upacara terakhir di gedung SDN 17 sebelum pindah ke lokasi baru. "Pak bupati yang akan memimpin upacara pagi di SDN 17. Setelah upacara, pak bupati juga akan ikut kirab ke lokasi sekolah yang baru yakni eks SMA Kosgoro," terang Uca.
 
Seperti diketahui, Pemkab Kuningan akan melakukan pengosongan dan disusul pembongkaran gedung SD Negeri 17 Kuningan, Senin 16 Januari 2023. Sekolah ini direlokasi sebagai imbas penataan kawasan pertokoan Siliwangi. Bupati Kuningan Acep Purnama memastikan pembongkaran akan dilakukan secepatnya yang ditandai pengosongan pada hari Senin.
 
BACA JUGA:Pasokan Lancar, Harga Sembako Stabil

"Insya Allah hari Senin gedung SD Negeri 17 Kuningan akan mulai dikosongkan. Diawali dengan upacara bendera terakhir sekaligus perpisahan, kemudian saya akan memimpin kirab para siswa dan guru ke gedung eks SMA Kosgoro di Jalan Aruji dengan dikawal petugas kepolisian," ungkap Bupati Acep, Kamis 12 Januari 2023.

Acep yang juga alumni sekolah tersebut mengaku berat hati mengambil keputusan menggusur bangunan sekolah yang merupakan gabungan SDN 1 dan SDN 7 Kuningan untuk penataan kawasan pertokoan Siliwangi.
 
 
Namun karena pertimbangan ketertiban dan estetika tata kota serta kelangsungan pendidikan para siswa, maka pihaknya terpaksa harus mengambil kebijakan tersebut.

"Perlu diketahui, saya juga alumni di sana yang dulu namanya masih SDN 7 Kuningan. Saya melihat kondisi sekolah tersebut saat ini cukup memperihatinkan, berada di antara pertokoan dan di bagian belakang berbatasan dengan pasar, saya rasa kurang bagus juga untuk kelangsungan pembelajaran para siswa," ujar bupati. (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: