Warga Heboh Lihat Asap Muncul dari Tanah, Dikira Semburan Gas, Eh Ternyata ....

Warga Heboh Lihat Asap Muncul dari Tanah, Dikira Semburan Gas, Eh Ternyata ....

Petugas Damkar Kuningan tengah memeriksa munculnya kepulan asap di Desa Widarasari, Kecamatan Kramatmulya, Selasa 17 Januari 2023. (Istimewa)--

Radarkuningan.com, KUNINGAN- Warga Widarasari, Kecamatan Kramatmulya, Kuningan mendadak gempar. Itu setelah warga melihat kepulan asap disertai percikan api dari bawah tiang listrik, Selasa pagi 17 Januari 2023 sekitar pukul 05.00. Pemdes setempat kemudian melaporkan kejadian tersebut ke PLN, Damkar dan BPBD Kuningan. 
 
Semula warga setempat menduga, kemunculan asap lantaran ada semburan gas. Namun setelah diteliti ternyata ada kabel listrik yang terbakar.
 
'"Warga sempat kaget melihat ada kepulan asap. Kemudian ada kabar bahwa asap itu dari semburan gas. Tapi setelah diperiksa, eh kabel listrik di tiang tersebut terbakar," ujar Nana, salah seorang warga yang kebetulan melintas. 
 
 
Kepala UPT Damkar Kuningan, M Khadafi menceritakan kronologis kejadian tersebut. Menurut Khadafi, kepulan asap itu kali pertama dilihat saksi mata, Nuryaman. Saksi menerangkan sekitar pukul 05.30 WIB melihat kepulan asap dari bawah tiang ketika akan membuka toko bunga bersama dengan istrinya. Di sekitar lokasi kepulan asap ada tiga tiang. Yakni tiang telkom, tv kabel, dan wifi/intenet. 
 
Selanjutnya saksi mendekati tempat keluarnya asap. Saksi mencium bau seperti belerang dan bau kabel terbakar. "Pak Nuryaman menduga telah terjadi kemunculan gas dari dalam tanah karena mencium bau belerang. Khawatir akan terjadi hal yang tidak diharapkan saksi kemudian melaporkan kejadian dimaksud ke kantor UPT Damkar," papar Khadafi. 
 
 
Untuk memadamkan percikan api, pihaknya menerjunkan 1 randis Damkar dan 5 anggota piket dari regu 1. Saat dilakukan pengecekan di lokasi atas munculnya asap dari dalam tanah dimaksud, anggota damkar melakukan sterilisasi degan menggunakan tes pen.
 
"Dari hasil pemeriksaan, ternyata terdapat kebocoran aliran listrik. Saat dipegang menggunakan sarung tangan safety, terasa ada aliran listrik," kata Khadafi, Selasa 17 Januari 2023.
 
 
Untuk mencegah kebakaran, anggota Damkar melakukan penyemprotan cairan busa air. Tujuannya untuk mengetahui sebaran area konsleting listrik. Setelah dicek kebagian atas kabel terdapat sambungan kabel listrik dari tiang listrik yang menyambung ke rumah warga. 
 
"Kabel itu berhimpitan dengan kabel telkom serta mengeluarkan asap, sehingga kebocoran listrik terjadi. Ini murni korsleting listrik bukan disebabkan adanya semburan gas. Sebab, di masyarakat awalnya muncul kabar semburan gas,' ungkap Khadafi. (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: