Bantuan Provinsi Tembus Rp233 Miliar, Ini Penjelasan Kepala BPKAD Kuningan

Bantuan Provinsi Tembus Rp233 Miliar, Ini Penjelasan Kepala BPKAD Kuningan

Kepala BPKAD Kuningan A Taufik Rohman menjelaskan alokasi anggaran bantuan provonsi tahun 2023 yang diterima Kabupaten Kuningan, Senin 16 Januari 2023. (Ahus Sugiarto) --

Radarkuningan.com, KUNINGAN- Anggaran dari bantuan provinsi (banprov) tahun 2023 untuk Kabupaten Kuningan, terbilang cukup besar. Tercatat Rp233 miliar lebih anggaran banprov diterima Pemkab Kuningan. Dari Rp233 miliar, Dinas Perhubungan mendapat alokasi paling besar dibanding instansi lainnya di lingkup pemkab.

Dinas yang dipimpin Muhammad Mutofid tersebut mendapat alokasi Rp126 miliar. Anggaran sebesar itu untuk menyukseskan program Kuningan Caang yang digencarkan Dinas Perhubungan.
 
"Ya Dishub memperoleh alokasi paling banyak dari banprov tahun 2023. Nilainya mencapai Rp126 miliar untuk program Kuningan Caang," jelas Kepala BPKAD Kuningan, A Taufik Rohman, Senin 16 Januari 2023.
 
 
Selain Dishub, anggaran banprov juga disebar untuk satuan kerja perangkat daerah (SKPD,) lainnya. Antara lain Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas PUTR, DPMD, Disnakertrans serta instansi lainnya. Hanya saja alokasi anggaran banprov bagi SKPD selain Dishub, nilainya bervariatif. 
 
Dishub sendiri sudah merencanakan memasang ribuan titik lampu penerangan jalan umum (PJU) di seluruh wilayah Kabupaten Kuningan. Dan Pemprov Jawa Barat setuju dengan program tersebut. "Anggaran banprov itu menyebar ke beberapa dinas. Jadi tidak hanya Dishub saja yang memperolehnya," sebut Taufik.
 
 
Menurut Taufik, nilai bantuan provinsi yang diterima Kabupaten Kuningan itu sudah fix. Artinya, tidak ada perubahan nilai bantuan ke depannya. Untuk uangnya sendiri akan masuk ke kas daerah. "Uangnya memang belum ada. Nanti juga ditransfer oleh provinsi. Yang pasti, Kuningan mendapat alokasi banprov untuk tahun ini sebesar Rp233 miliar lebih," ungkap Taufik.
 
Kepala Bappeda Kuningan, Usep Sumirat membenarkan besaran nilai banprov tahun 2023. Usep mengatakan, nilai anggaran untuk PJU sebesar Rp126 miliar tidak jauh beda dengan yang diterima Kabupaten Pangandaran sebelumnya. "Soal PJU, Pangandaran lebih dulu dibanding Kuningan. Bisa dilihat sekarang Pangandaran terang benderang," kata Usep.
 
 
Seperti diberitakan sebelumnya, tahun ini, target Kuningan Caang sepertinya bakal terwujud. Tidak kurang dari Rp126 miliar bakal dialokasikan untuk lampu penerangan jalan umum (PJU). Anggaran tersebut berasal dari bantuan provinsi (banprov) Jawa Barat di tahun 2023. 
 
Jalan protokol, jalan kabupaten yang minim lampu PJU dipastikan bakal terang benderang. Dinas Perhubungan Kabupaten Kuningan rupanya sudah merancang pendirian PJU tematik di Jalan Siliwangi. Bahkan jalan menuju Palutungan yang saat ini kondisi penerangan PJU minim, menjadi prioritas Dishub. Begitu juga akses ke objek wisata lainnya.
 
"Kami sudah merencanakan jalan penghubung antar desa juga diterangi lampu PJU. Dari total target 25 ribu titip PJU, sampai tahun 2022 sudah terpasang 9 ribu lebih PJU. Sisanya akan dituntaskan dalam beberapa tahun ke depan. Insya Allah bisa terealisasi," jelas Kepala Dishub Kuningan, Muhammad Mutofid. (Agus)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: