Sarka Belum Ditemukan, Pagi Ini Tim Pencari Kembali Susuri Sungai Cisanggarung, Kuningan

Sarka Belum Ditemukan, Pagi Ini Tim Pencari Kembali Susuri Sungai Cisanggarung, Kuningan

Tim ESAR BPBD Kuningan dan relawan PB akan kembali melakukan pencarian terhadap Sarka, warga Galaherang, Kecamatan Maleber yang diduga terseret di sungai Cisanggarung.--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Tim penanganan ESAR BPBD Kabupaten Kuningan bersama relawan PB, hari ini akan kembali ke Sungai Cisanggarung. Tim ESAR, relawan petugas Damkar, kepolisian, TNI dibantu masyarakat melakukan pencairan terhadap Sarka, warga Galaherang, Kecamatan Maleber, Kuningan yang diduga hanyut.

Hari Rabu kemarin, BPBD dibantu relawan-PB melakukan peninjauan lokasi dan orientasi medan menggunakan 1 unit perahu/river boat yang bisa muat 6 orang. Perkiraan jarak tempuh pencarian mencapai 1,5 km hingga 2,5 kilometer.
 
 
Kepala BPBD Kuningan, Indra Bayu Permana mengungkapkan, pihaknya terpaksa menghentikan sementara proses pencarian korban lantaran sudah malam.
 
Rencananya, hari ini, Kamis 23 Februari 2023 pukul 07.00, akan kembali menurunkan tim pencari ke sungai Cisanggarung.
 
"Hari ini korban akan dicari lagi. Kemarin sore terpaksa dihentikan sementara. Suasana di sungai cukup gelap. Kami juga berkoordinasi dengan Aparat Desa, Aparat Kecamatan, TNI, POLRI, Basarnas, Damkar, relawan-PB dan pihak terkait lainnya," ujar Indra Bayu, Kamis pagi 23 Februari 2023.
 
 
Menurut Indra, proses pencarian hari pertama dihentikan pukul 18.00 WIB karena sudah menjelang malam hari.
 
Meski begitu, Tim BPBD dan relawan PB standby di Bale Desa Galaherang sejumlah 27 personil. 
 
Rencana pergerakan lanjutan pencarian korban akan dimulai dari titik 0 korban dinyatakan hilang.
 
Cuaca yang masih sering hujan dan debit air sungai yang tinggi serta arus yang cukup deras dapat menghambat proses pencarian.
 
 
"Dalam hilangnya korban ini juga masih misterius. Apakah terseret arus sungai atau bukan. Sebab tidak ada saksi yang melihat langsung korban menyeberang atau hanyut terbawa arus sungai," kata Indra.
 
Seorang warga  Dusun Babakan Kidul RT 009 RW 005 Desa Galaherang Kecamatan Maleber, Kuningan dikabarkan hanyut di Sungai Cisanggarung. Warga bernama Sarka berusia 68 tahun itu diduga terbawa arus sungai yang deras hari Rabu 22 Februari 2023 sekitar pukul 09.00.
 
 
Upaya pencarian terhadap korban terus dilakukan oleh tim dari BPBD Kuningan, Polsek Lebakwangi, Koramil dan warga setempat. Hingga pukul 15.25, tim pencari belum berhasil menemukan korban. Meski begitu, tim terus menyisir sepanjang bantaran Sungai Cisanggarung.
 
Kepala BPBD Kuningan, Indra Bayu Permana membenarkan adanya kejadian warga yang diduga hanyut di Sungai Cisanggarung. Pihaknya baru menerima laporan dua jam setelah kejadian. Pihaknya langsung berkoordinasi dengan pemdes setempat. (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: