Sebelum Bulan Puasa, DPUTR Kuningan Akan Perbaiki Jalan Poros Kabupaten yang Rusak

Sebelum Bulan Puasa, DPUTR Kuningan Akan Perbaiki  Jalan Poros Kabupaten yang Rusak

Ruas jalan kabupaten, Cibuntu-Caracas yang mengalami kerusakan akan diperbaiki pemerintah daerah sebelum bulan Ramadhan. (Agus Sugiarto)--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Ini kabar gembira bagi masyarakat yang jalan menuju desanya mengalami kerusakan. Sebab, Dinas PUTR Kabupaten Kuningan akan melakukan perbaikan sejumlah ruas jalan poros kabupaten.

Rencananya, perbaikan dilakukan  di sejumlah ruas jalan sebelum bulan Ramadhan. Ini untuk membuat masyarakat nyaman.

BACA JUGA:LUAR BIASA, Tak Tertarik Jadi Wakil Rakyat, Ketua DPD Golkar Kuningan Pilih Tidak Nyaleg

Sub Koordinasi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan pada Dinas PUTR Kuningan, Budi Haryadi mengatakan, perbaikan jalan ini anggarannya berasal dari rutin.
 
"Insya Allah, kami akan memperbaiki sejumlah ruas jalan sebelum bulan Ramadhan. Atau paling telat sebelum Lebaran," terang Budi kepada radarkuningan.com.
 
 
Namun Budi mengakui jika tidak semua ruas jalan kabupaten yang mengalami kerusakan, akan tersentuh perbaikan. Pasalnya, anggaran rutin yang tersedia di instansinya cukup terbatas. Sehingga akan dilihat yang paling prioritas jalannya.
 
"Anggarannya terbatas. Terpaksa kami menerapkan skala prioritas," tutur Budi, Sabtu 4 Maret 2023.
 
 
Misalnya saja jalan poros kabupaten Japara-Cikeleng, dan Caracas-Cibuntu. Kedua ruas jalan yang sudah rusak parah ini akan diperbaiki melalui anggaran rutin.
 
"Pengerjaan perbaikan mungkin sebelum bulan puasa. Semoga rencana ini tidak mengalami kendala," katanya.
 
Menurut Budi, sebenarnya perbaikan jalan sudah dimulai. Ruas Sampora-Panawuan yang berada di jalan lingkar timur sudah ditambal beberapa hari lalu.
 
Ruas jalan ini sebelumnya sudah rusak karena banyak aspalnya yang berlubang. Ditambah lagi musim hujan. Perbaikan jalan ruas ini sudah selesai dilakukan.
 
 
"Ini sebagian kecil ruas jalan kabupaten yang akan diperbaiki. Ruas jalan lainnya juga sudah masuk dalam agenda perbaikan. Termasuk jalan menuju objek wisata. Biasanya saat libur Lebaran, objek wisata di Kuningan dibanjiri pengunjung," ujarnya.
 
Budi menambahkan, peningkatan kualitas jalan kabupaten juga akan dilakukan tahun ini. Dinas sudah membentuk empat tim yang akan bertanggung jawab dalam pengerjaan perbaikan tersebut.
 
 
Salah satu ruas jalan kabuoaten yang mendapat anggaran dari bantuan provinsi yakni Ciawigebang-Suganangan.
 
"Untuk peningkatan kualitas ruas jalan kabupaten anggarannya dari bantuan provinsi atau BP. Nantinya akan dimasukan ke proses lelang. Jadi, rekanan yang mengerjakan merupakan pemenang lelang. Timnya juga sudah dibentuk," jabar Budi. (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: