Sembunyi di Kap Mesin Mobil Warga, Petugas Damkar Kuningan Sukses Evakuasi Ular Sanca

Sembunyi di Kap Mesin Mobil Warga, Petugas Damkar Kuningan Sukses Evakuasi Ular Sanca

Petugas UPT Damkar Kuningan berhasil menangkap ular Sanca yang sembunyi di kap mesin mobil L300, Senin malam.--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Petugas Damkar Kuningan kembali beraksi melayani masyarakat. Senin malam 20 Maret 2023 sekitar pukul 19.00, personel UPT Damkar sukses mengamankan seekor ular Sanca sepanjang tiga meter dengan berat 10 kilogram. 

Ular tersebut ditangkap ketika sembunyi di dalam kap mesin mobil L300 di Jl RE Martadinata, Kuningan. Tepatnya di Blok babakan RT01 RW03, Desa Kertawangunan, Kecamatan sindangagung Kabupaten Kuningan.
 
 
Menurut keterangan Elon (52) warga setempat, malam itu sekitar 18.30 saat hendak ke musala, saksi melihat seekor ular melintas di bak sampah menuju jalan raya. Karena kondisi jalan raya ramai lalu lalang kendaraan, ular tersebut berbelok arah ke sebuah mobil L300 yang sedang parkir.
 
"Saya tadinya berniat ke musala, dan lewat jalan itu. Mendadak saya melihat ada ular berukuran besar melintas di depan bak sampah. Saya terus perhatikan ular itu larinya kemana. Ternyata hewan tersebut tidak jadi ke jalan raya. Malah menuju mobil yang parkir di pinggir jalan," kata Elon kepada petugas UPT Damkar. 
 
 
Selanjutnya Elon menemui pemilik mobil, Rian Hidayat, warga Desa Gereged, Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon. Rian diberitahu jika ada ular yang bersembunyi di mobilnya.
 
Mendengar penuturan Elon, Rian bergegas pergi menuju kantor UPT Damkar untuk memberikan laporan. Dan meminta bantuan mengevakuasi/ mengamankan ular tersebut. 
 
Petugas yang mendapat laporan langsung menuju lokasi kejadian sembari membawa peralatan penjinak ular. Upaya penangkapan ular dilakukan tiga petugas UPT Damkar Kuningan.
 
 
"Alhamdulillah kami berhasil menangkap dan mengevakuasi ular jenis Sanca tersebut. Butuh waktu sekitar 1,5 jam untuk menangkapnya," ujar Kepala UPT Damkar Kuningan, M Khadafi, Selasa 21 Maret 2023.
 
Khadafi mengimbau agar masyarakat jangan membiarkan tumpukan bahan bangunan, bekas sampah, atau membiarkan halaman rumah kotor dan lembab.
 
"Karena akan mengundang ular masuk lokasi halaman rumah. Jika menemukan ular, segera hubungi kami agar tidak ada korban," pintanya. (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: