Satu Desa 10 Lampu PJU, Kepala Desa di Kuningan Tahunya Program Aspirasi Wakil Rakyat

Satu Desa 10 Lampu PJU, Kepala Desa di Kuningan Tahunya Program Aspirasi Wakil Rakyat

Lampu penerangan jalan umum di sepanjang ruas jalan lingkar timur akan ditambah tahun ini dalam program Kuningan Caang. (Agus Sugiarto)--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Program Kuningan Caang yang diinisiasi Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kuningan, disambut positif oleh para kepala desa.

Apalagi dalam program tersebut ada pemasangan lampu penerangan jalan umum (PJU) untuk desa dan kelurahan se Kuningan. Dimana setiap desa dan kelurahan mendapatkan jatah 10 titik lampu PJU. 

Kepala Desa Dukuhdalem, Kecamatan Japara, Juhari menyambut positif program yang digagas Dishub tersebut. Terlebih lampu PJU yang ada di desanya cukup terbatas.
 
Sehingga dengan adanya penambahan 10 titik baru dari pemerintah nanti, akan membuat kondisi di desanya terang benderang. 
 
 
"Kami sangat gembira ketika mendengar akan ada pembagian lampu PJU ke desa-desa. Katanya sih setiap desa dikasih 10 titik. Ya kami bersyukur karena pemasangan PJU baru manfaatnya tentu akan dirasakan langsung oleh masyarakat," ujar Juhari kepada radarkuningan.com.
 
Dengan terangnya kondisi desa di malam hari, selain akan membuat desa lebih indah, juga tingkat kriminalitas terutama di area yang gelap bisa ditekan.
 
"Kan PJU yang sudah terpasang selama ini di desa, jumlahnya tidak terlalu banyak. Banyak jalan lingkungan atau poros desa yang masih gelap. Mudah-mudahan saja segera dipasang," harapnya, Selasa 21 Maret 2023.
 
 
Namun Kades Juhari juga mengakui jika pihaknya mendapat informasi bahwa pemasangan 10 titik lampu PJU di desa adalah aspirasi dari wakil rakyat atau anggota DPRD Kuningan. Bukan program bantuan dari Pemerintah Kabupaten Kuningan.
 
"Soalnya ada anggota dewan yang katanya ngawal dan bilang ini program PJU ini adalah aspirasi. Saya sendiri kurang paham. Yang penting desa saya bisa terang saat malam hari," kata Juhari. 
 
 
Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kuningan M Mutofid mengatakan, rencana pemasangan PJU baru tersebut akan dilaksanakan pada bulan April mendatang. Targetnya, sebagian lampu PJU tersebut sudah terpasang sebelum Lebaran nanti.
 
Menurut Mutofid, program Kuningan Caang bakal terealisasi dengan pemasangan baru 7.060 lampu penerangan jalan umum (PJU) hingga pelosok desa tahun ini.
 
BACA JUGA:Demi Pembangunan JLTS, Bangunan Bidang Bina Marga Dinas PUTR Kuningan Bakal Dibongkar

"Harapan kami sebagian lampu PJU sudah terpasang sebelum Lebaran. Sehingga nanti para perantau saat pulang kampung merasa pangling melihat jalan desanya sekarang menjadi terang," papar Mutofid.

Mutofid menjelaskan, dari 7.060 unit PJU tersebut terdiri dari 6.632 unit lampu oktagonal dan sisanya 428 unit lampu PJU tematik.
 
Lampu-lampu PJU tersebut akan dipasang di lokasi-lokasi strategis dengan prioritas jalan desa, jalan ibu kota kecamatan, jalur pariwisata dan jalan kabupaten termasuk jalan baru Lingkar Timur.
 
BACA JUGA:Rageman Resto & Coffe, Wisata dan Kuliner Terbaru di Jalan Lingkar Barat Kuningan, Bikin Hati Tentrem

"Setiap desa akan kita pasang sekitar 10 PJU di titik strategis, jadi tidak ada lagi istilah jalan desa gelap saat malam hari. Beberapa mungkin akan dapat lebih, karena ada beberapa desa yang kondisi penerangannya sudah cukup, maka kita alihkan ke desa yang membutuhkan lebih banyak," ujar Mutofid.

Untuk lampu tematik, akan dipasang di sejumlah tempat keramaian seperti kawasan niaga Jalan Siliwangi dan jalur pariwisata.
 
 
Mutofid menjelaskan, lampu tematik ini dibuat dengan desain yang menampilkan ciri khas Kabupaten Kuningan seperti ornamen kuda, bokor, ikan dewa dan lainnya.

"Untuk pemasangan lampu tematik ini akan dilaksanakan menyesuaikan program pembangunan pemerintah daerah. Misalkan di kawasan Siliwangi, pemasangan lampu tematik ini akan dilaksanakan saat proyek penataan kawasan tersebut berlangsung," pungkasnya. (Agus)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: