Untuk Kenyamanan Pemudik, Bupati Kuningan Pimpin Rakor Arus Mudik Lebaran

Untuk Kenyamanan Pemudik, Bupati Kuningan Pimpin Rakor Arus Mudik Lebaran

Menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1444 H, Bupati H Acep Purnama memimpin langsung rapat koordinasi lintas sektoral persiapan arus mudik Lebaran, Rabu 12 April 2023. --

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1444 H, Bupati H Acep Purnama memimpin langsung rapat koordinasi lintas sektoral di Ruang Rapat Linggarjati Sekretariat Daerah. Rabu 12 April 2023.

Rakor ini juga dihadiri Kapolres Kuningan AKBP Willy Andrian, Dandim 0615 Kuningan Letkol Inf Bambang Kurniawan, MA, Kepala Kejaksaan Negeri  Kuningan Dudi Mulyakusumah dan Ketua Pengadilan Negeri Kuningan Lusiana Amping.

BACA JUGA:Fasilitas Tidak Lengkap, Dua Bus Angkutan Lebaran Dilarang Beroperasi

Bupati Acep memaparkan, Hari Raya Idul Fitri merupakan momentum yang paling dinanti oleh masyarakat. Antusiasme menyambut datangnya Lebaran biasanya diikuti dengan melonjaknya mobilitas dan permintaan kebutuhan masyarakat.

Nah, untuk mengantisipasinya perlu dilakukan beberapa perencanaan persiapan agar perayaan Hari Raya Idul Fitri berlangsung aman dan tertib.

Salah satu persiapan menghadapi Lebaran adalah pelaksanaan Operasi Ketupat Lodaya 2023. Operasi ini diharapkan berjalan dengan baik, aman, dan lancar, dengan begitu masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran bisa merasa aman.

BACA JUGA:LEBARAN, Warga Jabranti Kuningan Bisa Mudik ke Desanya, Jembatan Darurat Cirombeng Mulai Dibangun

"Upaya lainnya yakni merekayasa lalu lintas diatur sedemikian rupa agar meminimalisir kemacetan terutama di titik-titik pusat perbelanjaan. Begitu juga kantong-kantong parkir bisa diatur sehingga arus lalu lintas dapat kondusif," ujar Bupati Acep, Rabu 12 April 2023. 

Kemudian juga pengerahan aparat Satpol PP, Dishub dan Damkar, bekerjasama dengan Polres dan Kodim dalam menyambut datangnya Lebaran.

"Keamanan dan ketertiban masyarakat adalah titik berat dari tugas kita selaku pelayan masyarakat. Oleh karena itu, mari kita bahu membahu menciptakan situasi kamtibmas di Kabupaten Kuningan ini," ajak Acep.

BACA JUGA:Nasabah Bank Mandiri Diberi Kemudahan Kredit Kendaraan Listrik

Supaya arus mudik ini juga berjalab lancar, sebaiknya sarana pendukung di Kabupaten Kuningan dimanfaatkan secara maksimal.  Salah satunya yaitu CCTV untuk memonitor ruas-ruas jalan utama yang dilewati pemudik.

“Saya haturkan terima kasih kepada Polres Kuningan dan Kodim 0615 Kuningan serta stakeholder lainnya. Dimana dari tahun ke tahun rekayasa lalu lintas bisa diatur dengan baik sehingga di sekitar kota Kuningan lalu lintas berjalan dengan lancar,” sebut Bupati Acep.

BACA JUGA:Safari Ramadan di Desa Kramatmulya, Sekda Kuningan Telaten Dengarkan Aspirasi Masyarakat

Pihaknya berharap penyelenggaraan mudik tahun ini dapat berjalan lancar, arus balik juga lancar dan kunjungan wisata ke Kuningan lancar. "Terlebih kita sekarang punya pengalihan alternatif jalan lingkar timur yang dapat mengurangi beban jalan utama," katanya. (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: