LEBARAN, Warga Jabranti Kuningan Bisa Mudik ke Desanya, Jembatan Darurat Cirombeng Mulai Dibangun

LEBARAN, Warga Jabranti Kuningan Bisa Mudik ke Desanya, Jembatan Darurat Cirombeng Mulai Dibangun

Warga Jabranti, Kecamatan Karangkancana, Kunjngan sedang kerja bakti membuat jembatan darurat Cirombeng, Selasa 11 April 2023.--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Jembatan Cirombeng, Desa Jabranti, Kecamatan Karangkancana, Kabupaten Kuningan memang sudah ambruk lantaran pondasinya ambrol, beberapa hari lalu. Tapi itu tidak menyurutkan semangat warga setempat untuk bangkit menghadapi Hari Raya Idul Fitri 2023. 
 
Ditunjang semangat gotong royong, warga Jabranti mulai swadaya membangun jembatan darurat agar desanya tidak terisolir. Apalagi banyak warga desa itu yang akan pulang dari perantauan saat Lebaran nanti. Karena itu, warga bersama Pemdes Jabranti mulai mengumpulkan bahan material untuk membangun jembatan darurat.  
 
 
 
Kepala Desa Jabranti, Taska mengakui jika proses pembangunan jembatan darurat sudah dimulai sejak Selasa 11 April 2023. Ratusan warganya kerja bakti mengangkut batu, kayu dan bronjong untuk keperluan jembatan.
 
Anggaran pembangunan beraslal dari rereongan dan ada juga bantuan material bronjong kawat dari pemerintah daerah melalui BPBD Kuningan.
 
"Alhamdulillah warga desa kompak membangun jembatan. Untuk sementara darurat dulu guna persiapan Hari Raya Idul Fitri. Pak Bupati juga sudah mengirimkan alat berat ke Jabranti sejak dua hari lalu," terang Taska kepada radarkuningan.com, Selasa 11 April 2023.
 
 
 
Taska memaparkan rencana pembangunan jembatan darurat di atas sungai Cirombeng. Panjang jembatan yakni sekitar 7 meter dan lebar 2,5 meter.
 
"Karena sifatnya sementara, maka material jembatan ini dari kayu. Sedangkan tebing yang akan jadi pondasi jembatan dipasang bronjong. Tujuannya supaya tanahnya tidak longsor. Apalagi kontur tanahnya cukup labil," ujar Taska.
 
Pihaknya menargetkan pembangunab jembatan darurat bisa kelar empat atau lima hari kedepan. Hal ini disebabkan, jembatan Cirombeng merupakan satu-satunya akses menuju dan keluar Desa Jabranti.
 
Lokasi jembatan baru ini bergeser beberapa meter dari jembatan yang sudah ambruk karena longsor.
 
 
 
"Melihat semangat warga, kami yakin jembatan darurat akan bisa digunakan dalam beberapa hari ke depan. Jadi, sebelum mudik Lebaran, jembatan darurat ini sudah bisa dilalui kendarran roea empat," tutur kepala desa yang akrab dipanggil Dede Suhendar tersebut.
 
Kendati nantinya jembatan darurat sudan terpasang, Kades Taska tetap meminta Pemkab Kuningan untuk merencanakan pembangunan jembatan permanen. Alasan ya, jembatan darurat ini kekuatannya tidak terlalu lama.
 
 
"Kami berharap, jembatan Cirombeng kembali dibangun permanen oleh pemerintah daerah. Kami sudah menyampaikannya kepada pak bupati," pungkas Taska. (Agus)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: