Didominasi Kendaraan Luar Kota, Ribuan Wisatawan Nikmati Alam Kuningan

Didominasi Kendaraan Luar Kota, Ribuan Wisatawan Nikmati Alam Kuningan

Wisatawan sedanc menikmati libur di kawasan wisata Woodland, Desa Setianegara, Kecamatan Cilimus, Kuningan, Senin 24 April 2023. (Muhammad Taufik)--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM - Arus lalu lintas di Kabupaten Kuningan terpantau padat pada H+2 Lebaran, Senin siang 24 April 2023. Kepadatan arus lalu lintas mulai terjadi sekitar pukul 10.00 WIB dengan dominasi kendaraan dari luar kota.

Seperti Tangerang, Bandung, Jakarta, Cirebon dan Brebes. Sebagian besar mereka adalah para pemudik yang hendak menghabiskan waktu libur Lebaran dengan berwisata di Kabupaten Kuningan.

BACA JUGA:NON TOL Jalintim Masih Lengang, Jalan Nasional Ramai Lancar

Kepadatan arus lalu lintas hampir merata terjadi di ruas jalan utama Cirebon-Kuningan.  Terutama di daerah menuju objek wisata seperti sepanjang jalan Cilimus menuju wisata Linggarjati dan Sangkanurip, Jalaksana. Juga objek wisata Cibulan dan Cigugur menuju objek wisata Palutungan. 

Untuk mengatasi kemacetan, petugas Polres Kuningan dibantu unsur TNI, Dishub dan BPBD tampak sibuk melakukan pengaturan lalu lintas dan beberapa kali menerapkan rekayasa lalu lintas seperti pengalihan arus dan sistem buka tutup di sejumlah titik simpul kemacetan.
 
BACA JUGA:SK Pemberhentian Kades Karangbaru Lagi Diproses Bupati Kuningan, Kabid Pemdeskel: Tunggu Tanggal Turunnya

Kapolsek Cilimus AKP Soemedi selaku Kepala Pospam Bojong mengungkapkan, kepadatan arus lalu lintas terjadi sejak hari Lebaran kedua.
 
Kondisi ini merupakan hal yang selalu terjadi setiap mamasuki libur Lebaran di mana banyak masyarakat dari luar daerah memilih Kuningan sebagai daerah tujuan wisata.

"Arus lalu lintas mulai ada peningkatan sekitar pukul 10.00 WIB, dimana kendaraan dari luar kota mulai masuk Kuningan. Sebagian besar adalah kendaraan yang akan menuju objek wisata, dan pada hari ini mulai terjadi arus balik menuju Jakarta dan kota lain," ungkap Soemdi kepada radarkuningan.com.
 
BACA JUGA:Jalur Wisata di Kuningan Dipadati Kendaraan Wisatawan, Bikin Pemilik Objek Wisata Sumringah

Untuk antisipasi kemacetan, kata Soemedi, pihaknya telah menyiapkan tolo-tolo di sejumlah persimpangan.
 
Fungsinya, kata dia, tolo-tolo yang saling terhubung tali tambang akan dipasang di setiap persimpangan untuk mengarahkan setiap kendaraan tidak bisa menyeberang sembarangan.
 
BACA JUGA:SPIDERMAN Maleber Kuningan Turun Gunung, Meriahkan Hajat Desa Sunatan Masal

Kapolsek menambahkan, endaraan yang akan masuk jalan arteri tidak bisa langsung menyeberang, melainkan secara otomatis belok ke kiri mengikuti arus. Bagi kendaraan yang akan berbalik arah silakan berbelok di tempat yang sudah disiapkan.
 
"Contohnya, di persimpangan Bandorasa, arus kendaraan dari arah Linggarjati belok dulu ke kiri dan kalau mau balik arah silakan berputar di depan Pom Bensin," papar Soemedi. (Taufik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: