Dikelola PT Jaswita, 11 Hari Libur Lebaran Waduk Darma Keduk Rp602 Juta dari Wisatawan

Dikelola PT Jaswita, 11 Hari Libur Lebaran Waduk Darma Keduk Rp602 Juta dari Wisatawan

Wisatawan sedang menikmati suasana Waduk Darma yang tampil cantik pasca direvitalisasi Pemprov Jawa Barat.--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Libur lebaran mendatangkan berkah bagi para pengelola objek wisata di Kabupaten Kuningan. Seperti Waduk Darma.
 
Pasca terlepas dari PDAU, dan sekarang dikelola PT Jaswita Jabar, pemasukan yang diperoleh cukup menjanjikan. 
 
Jumlah wisatawan yang datang ke objek wisata yang menawarkan keindahan waduk tersebut selama libur lebaran mencapai 27 pengunjung. Total pendapatan sebesar Rp602 juta. 
 
 
 
"Kunjungan wisatawan ke Waduk Darma naik signifikan selama libur panjang lebaran. Totalnya menembus angka 27 ribu orang, dengan pemasukan mencapai Rp602 juta,' papar Ketua Koordinator Teknis Wisata Waduk Darma Kuningan, Umar Hidayat.
 
Umar melanjutkan, wisatawan yang berkunjung ke Waduk Darma bukan saja berasal dari Kuningan. Melainkan banyak juga yang datang dari luar daerah seperti wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka, Ciamis, Tasik dan juga Jawa Tengah serta daerah lainnya.
 
 
 
“Harga tiket yang dikenakan cukup terjangkau masyarakat. Setiap pengunjung dikenakan tarif masuk Rp15 ribu. Ini untuk pengunjung desa, kalau anak-anak itu ada toleransi. Bisa disebut, tiket masuk Waduk Darma paling murah untuk masuk objek wisata di Kuningan,” jelas Umar.
 
Menurut Umar, harga tiket masuk tidak ada perubahan pada hari biasa, akhir pekan maupun libur nasional.
 
Waduk Darma jiga dilengkapi fasilitas yang memanjakan pengunjung. Yakni ada perahu wisata, camping ground, dermaga apung maupun wahana permainan anak-anak.
 
 
BACA JUGA:Usai Ijab Qabul, Pengantin di Kuningan Peroleh Dokumen Baru dari Program Paduka Disdukcapil
 
“Total petugas teknis di lapangan dalam pengelolaan Waduk Darm sebanyak 42 orang. Kebetulan dipercaya sebagai Ketua Koordinator Lapangan. Ini berdasarkan surat tugas dari PT Jaswita Jabar nomor 495/JSW/IV/2023 selaku BUMD Provinsi Jabar,” katanya.
 
Sebagai petugas teknis di lapangan yang dipercaya Jaswita Jabar, Umar berjanji akan secara berkala setiap bulannya melaporkan semua aktivitas pengelolaan objek wisata. Khususnya dari sisi pendapatan hasil penjualan tiket masuk.
 
 
BACA JUGA:Dua Kasus Selingkuh di Cidahu Selama Tahun 2023
 
“Kalau total pengunjung selama libur lebaran ada sekitar 27 ribu orang. Alhamdulillah ini semua berkat dukungan tim di lapangan, termasuk teman-teman wartawan sebagai mitra bisnis kami,” ujarnya.
 
Umar juga menerangkan, pemasukan objek wisata Waduk Darma sebesar itu diperoleh dalam 11 hari saja. Yakni sejak tanggal 20 sampai 30 April 2023. Pendapatan tersebut berasal dari penjualan tiket masuk ke objek wisata Waduk Darma.
 
“Sebagai bentuk pertanggung jawaban, kami sudah setor ke PAD Jawa Barat melalui PT Jaswita selaku pengelola Waduk Darma sebesar Rp460 juta. Ini hanya dalam hitungan waktu 11 hari. Karena momennya sangat tepat yakni  libur lebaran,” ujar Umar, Rabu 2 Mei 2023.
 
 
 
Terkait sisa pendapatan yang disetorkan ke Jaswita Jabar, bakal dikelola oleh petugas teknis lapangan. Antara lain diperuntukkan membayar semua petugas hingga menunjang fasilitas di kawasan objek wisata. 
 
“Kami belum bicara soal keuntungan dengan Jaswita Jabar. Sebab ini masih dalam masa transisi. Tapi minimal kami bisa sedikit lebih maju dari pengelolaan di tahun-tahun sebelumnya,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: