Banjir di Desa Susukan, 28 Rumah Alami Kerusakan, PMI Kuningan Siapkan Bantuan Logistik

Banjir di Desa Susukan, 28 Rumah Alami Kerusakan, PMI Kuningan Siapkan Bantuan Logistik

Tim Assesment PMI Kuningan, Agus Mauludin sedang mengecek rumah rumah yang terkena banjir di Desa Susukan, Kecamatan Cipicung, Kuningan, Selasa 2 Mei 2023. (Agus Sugiarto)--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Banjir yang merendam puluhan rumah di Desa Susukan, Kecamatan Cipicung, Kuningan dua hari lalu, menyebabkan sejumlah rumah mengalami kerusakan. Dari tim assesment yang diturunkan PMI Cabang Kuningan, tercatat ada 28 rumah yang terdata rusak dengan skala ringan. 

Mayoritas rumah yang rusak adalah bagian dapurnya. Ada yang dindingnya jebol, retak-retak hingga ambruk.
 
 
 
Penyebab banjir yang menggenangi pemukiman penduduk lantaran curah hujan tinggi dan derasnya air dari area perumahan Jatinunggal yang posisinya lebih tinggi dari rumah-rumah warga.
 
Agus Mauludin, seorang tim assesment dari PMI Cabang Kuningan mengatakan, dari hasil pengecekan di lapangan, rumah warga yang rusak diterjang banjir mencapai 28 unit. Kerusakannya terutama di bagian dapur.
 
Pihak PMI Cabang Kuningan akan segera menyalurkan bantuan logistik untuk warga yang terkena musibah.
 
 
 
"Sudah kami cek langsung ke lokasi kejadian. Sebanyak 28 rumah rusak dengan skala ringan. Rata-rata bagian dapurnya. Kami juga sudah menyiapkan bantuan logistik bagi warga korban banjir. Hari ini, Selasa 2 Mei 2023, saya bersama tim memantau langsung pasca banjir," terang Agus Mauludin, Selasa 2 Mei 2023.
 
Mantan Kalaks BPBD Kuningan itu juga mendapat informasi dari warga terkait banjir bandang yang melanda warga tersebut. Berdasarkan keterangan warga dan kondisi di lapangan, saluran air yang tak terlalu lebar mendadak meluap ketika turun hujan.
 
Air dari saluran makin deras menggenangi rumah warga lantaran bercampur dengan air dari perumahan Jatinunggal.
 
 
 
Warga sendiri terpaksa menjebol dinding pembatas sungai agar air dari saluran bisa langsung masuk ke sungai. "Kalau tidak dibongkar, air pasti menggenangi semua rumah warga. Tadi sudah saya dan tim cek dari mana sumber air yang menyebabkan banjir," kata Agus Mauludin. 
 
Hari Minggu sore 30 April 2023, sejumlah desa di Kabupaten Kuningan mengalami banjir lantaran hujan deras yang mengguyur wilayah ini. Antara lain di Kecamatan Cipicung dan Ciawigebang. Di dua kecamatan, beberapa desa dilanda banjir yang cukup deras. Kejadian ini praktis mengagetkan warga karena sebelumnya tidak pernah mengalami banjir.
 
 
 
Berdasarkan informasi yang diperoleh radarkuningan.com, banjir terjadi di Desa Karoya dan Susukan Kecamatan Cipicung dan Desa Dukuhdalem, Kecamatan Ciawigebang. Banjir memporakporandakan kebun dan masuk ke perumahan warga. Tidak ada korban dalam musibah banjir dadakan tersebut. 
 
Sufyan, warga Susukan, Kecamatan  Cipicung melaporkan, banjir yang menerjang desanya berlangsung hari Minggu 2 Mei 2023 sekitar pukul 16.00.
 
Air yang deras turun dari arah perumahan Jatinunggal yang tak jauh dari pemukiman warga Susukan. Saking derasnya, air sampai masuk ke rumah-rumah warga.
 
 
 
"Hujan turun lumayan deras sejak siang hingga sore hari. Di tengah hujan, warga Susukan dikejutkan dengan datangnya air bah dari arah perumahan Jatinunggal. Air juga masuk ke dalam rumah dan juga menggenangi halaman rumah. Cukup lama surutnya," ujar Sufyan, Senin 1 Mei 2023.
 
Sufyan juga mengatakan bahwa banjir yang menerjang ini adalah kali pertama yang terjadi di desanya. Sebab selama ini, desanya tak pernah ada banjir. "Dari dulu tak pernah ada banjir, baru sekarang terjadi. Ini setelah ada pembangunan perumahan," tuturnya. (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: