Pererat Jalinan Silaturahim, Pesilat Pagar Nusa Kelurahan Winduhaji Halal Bihalal

Pererat Jalinan Silaturahim, Pesilat Pagar Nusa Kelurahan Winduhaji Halal Bihalal

Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Ranting Kelurahan Winduhaji, Kecamatan/Kabupaten Kuningan mengadakan halal bihalal, Minggu 30 April 2023. --

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM – Momen lebaran dimanfaatkan untuk silaturahmi dan saling memaafkan. Ini juga yang dilakukan Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa  Ranting Kelurahan Winduhaji, Kecamatan/Kabupaten Kuningan.
 
Mereka berkumpul dan mengadakan halal bihalal meski Hari Raya Idul Fitri sudah sepekan berlalu. Kekompakan, kekeluargaan dan rasa saling mengayomi tersaji dalam acara tersebut.
 
 
 
Kendati halal bihalal digelar dengan kesederhanaan, namun terasa begitu istimewa dan penuh makna, Minggu 30 April 2023. Sebelum acara, kegiatan ini diawali latihan seperti biasa.
 
Sekitar 50 siswa remaja putra dan putri warga Kelurahan Winduhaji ikut gabung di Pagar Nusa dan terus mengembangkan pencak silat penuh semangat.
 
Ketua PSNU Pagar Nusa Kuningan, Wibawa Gumbira menerangkan, betapa pentingnya menjalin hubungan silaturahim antar keluarga yang tersebar dibeberapa ranting. Sekaligus juga melihat kondisi langsung para pelatih, anggota yang bergabung di Pagar Nusa dan tempat latihannya.
 
 
 
Gugum menuturkan, perkembangan Pagar Nusa di Kabupaten Kuningan saat ini sangat menggembirakan. Hal ini tidak terlepas dari peran serta para pelatih, dukungan para sesepuh, ulama dan pihak lainnya.
 
Untuk itu, kepada Keluarga Besar Pagar Nusa diminta agar terus membangun sinergitas di setiap wilayah. 
 
"Selain fokus kepada latihan, kita juga menanamkan kepedulian kepada lingkungan dan sosial. Ini sebagai wujud dan rasa cinta pada Nusa dan Bangsa," papar Gugum, Senin 1 Mei 2023.
 
 
 
Sementara itu, Wakil Ketua PSNU Kabupaten Kuningan yang juga sesepuh di Ranting Kelurahan Winduhaji, Kiai Nurzaman menambahkan, acara halal bihalal sebagai momen silaturahmi dan saling membukakan pintu maaf lahir dan bathin.
 
Juga mempererat kebersamaan untuk  menjaga seni pencak silat sebagai warisan bangsa. 
 
"Bagi anggota Pagar Nusa teruslah bangun ragamu dengan semangat berlatih. Begitu juga jiwamu dengan senantiasa mendekat kepada Allah SWT salah satunya jangan tinggalkan Shalat. Tak kalah, pentingnya adalah Adab," katanya. 
 
 
 
Menurutnya, Adab merupakan hal yang penting. Sebab Adab merupakan bagian dari akhlak mulia yang kelak akan menuntut manusia untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan bisa menempatkan diri pada tempat maupun waktu tertentu.
 
Turut hadir dalam kegiatan ini,  Majelis Pendekar Deni Darmadi alias Mang Dadawuk, sesepuh,  para pelatih dan jajaran pengurus Ranting Kelurahan Winduhaji. (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: