H+7 Arus Balik Lebaran, Ratusan Kendaraan Pemudik Tinggalkan Kuningan

H+7 Arus Balik Lebaran, Ratusan Kendaraan Pemudik Tinggalkan Kuningan

Petugas counter dari Dinas Perhubungan Kabupaten Kuningan mencatat setiap kendaraan yang masuk dan keluar Kuningan di Pos Pam Tugu Ikan Sampora, Sabtu 29 April 2023. (Agus Sugiarto)--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Jumlah pemudik yang meninggalkan Kabupaten Kuningan menuju kota-kota di Pulau Jawa, terus mengalami peningkatan.

Di H+7 Lebaran, petugas counter dari Dinas Perhubungan Kuningan di Pos Pam Tugu Ikan Sampora mencatat, ada 500 kendaraan yang keluar dari Kuningan setiap jamnya menuju arah Cirebon.

BACA JUGA:Pembiayaan Tumbuh Lebih Dari 20 Persen, Kinerja Keuangan BSI Semakin Solid

Mayoritas kendaraan tersebut memiliki plat nomor polisi luar kota. Diperkirakan kendaraan yang keluar Kuningan akan meningkat jumlah Sabtu sore 29 April 2023.
 
Kendaraan roda masih mendominasi arus balik lebaran dari Kuningan disusul mobil pribadi dan juga travel. Sesekali melintas kendaraan roda tiga yang membawa penumpang.
 
 
Dari pantauan radarkuningan.com di Pos Pam Tugu Ikan Sampora, dengan teliti petugas counter Dishub memencet tombol alat pendata saat kendaraan melintas menuju Cirebon. Berdasarkan data, tercatat setiap jamnya sebanyak 500 kendaraan keluar dari Kuningan. 
 
Cecep Yono, petugas Dishub Kuningan memaparkan, volume kendaraan yang keluar di Tugu Ikan menuju Cirebon sebenarnya mengalami penurunan dibanding beberapa hari lalu.
 
Sebelumnya, angka kendaraan yang terdata keluar di pintu masuk dan keluar Kuningan tersebut mencapai 1.000 kendaraan per jam.
 
 
"Kami terus mendata setiap kendaraan yang masuk dan keluar Kuningan. Dari data yang kami catat, jumlah kendaraan yang masuk tidak terlalu jauh berbeda dengan yang keluar. Jika yang keluar terdata 500 kendaraan per jam, yang masuk juga cukup banyak yakni 400 kendaraan," jelas Cecep Yono kepada radarkuningan.com.
 
Cecep alias Cepy itu memperkirakan arus balik dari Kuningan akan kembali meningkat pada Sabtu sore dan hari Minggu.
 
Sebab, para pegawai swasta akan kembali memulai masuk kerja pasca libur Hari Buruh, Senin 1 Mei 2023. Sehingga masih banyak warga Kuningan yang masih berada di kampung halamannya.
 
 
"Jumlah pemudik yang akan kembali ke perantauan dari Kuningan, kemungkinan akan meningkat lagi di sore hari dan hari Minggu. Secara umum, tidak ada kemacetan di jalur Tugu Ikan baik yang menuju Kuningan maupun yang keluar," ujar Cecep, Sabtu siang 29 April 2023.
 
Dia menambahkan, petugas yang berjaga di Pos Pam Tugu Ikan Sampora sudah bertugas maksimal dalam mengamankan jalur arus mudik dan balik lebaran. Itu dibuktikan dengan lancarnya arus kendaraan pemudik selama berlansungnya lebaran.
 
 
"Alhamdulillah semuanya lancar. Dan kami juga selalu mencatat setiap kendaraan yang melintas di jalur ini," sebut anak buah M Mutofid, Kepala Dinas Perhubungan Kuningan tersebut. (Agus)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: