OJK Dorong Media Massa Jadi Agen Lirerasi dan Inklusi Keuangan di Daerah

OJK Dorong Media Massa Jadi Agen Lirerasi dan Inklusi Keuangan di Daerah

OJK menggelar Media Gathering dengan tema “Ngerungu Warta” di Kuningan, Jumat malam 21 Juli 2023 (Dedi Haryadi/radar cirebon)--

KUNINGAN, RADARKUNIBGAN.COM- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong media massa dapat menjadi agen untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan, khususnya di daerah.

Hal tersebut diungkapkan Analis Eksekutif Grup Komunikasi Publik OJK, Oman Sukmana saat menjadi pemateri kegiatan Media Gathering dengan tema “Ngerungu Warta” di Grage Sangkan Spa, Kuningan, Jumat malam 21 Juli 2023.

BACA JUGA:Peringatan Hari Kependudukan Dunia di Indramayu, Saatnya Mewujudkan Kesetaraan Gender yang Sejati

Hadir dalam kegiatan tersebut lebih dari 30 media dari daerah Ciayumajakuning (Kota dan Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Kuningan).

Kegiatan dibuka oleh Kepala Bagian Pengawasan LJK Kantor OJK Cirebon Nana Rosdiana dan menghadirkan narasumber Kepala Subbagian Edukasi dan Perlindungan Konsumen Kantor OJK Cirebon Panny Malangsari.

Oman Sukmana mengatakan, OJK melihat media dengan kemampuan aksesilibitasnya akan mampu menjangkau lebih banyak masyarakat sehingga proses diseminasi informasi, khususnya dalam hal literasi dan inklusi keuangan akan semakin massif.

BACA JUGA:Aksi Bersih-Bersih dan Pilah Sampah Inisiasi Coca-Cola Europacific Partners Indonesia

“Harus diakui OJK tidak bisa melakukan proses edukasi, literasi dan inklusi keuangan ini sendirian. Media bagi kami adalah mitra strategis untuk pengembangan literasi dan inklusi keuangan ini,” katanya.

Berdasarkan data yang ada, Oman menuturkan, Li ll dari sekitar 4 juta warga di wilayah Ciayumajakuning, baru sekitar 4 ribu masyarakat yang terliterasi dan teredukasi.

"Dalam hal diseminasi informasi, OJK saat ini berkomitmen untuk semakin transparan, responsif dan informatif dalam memberikan informasi informasi yang positif dan bermanfaat kepada masyarakat. Upaya tersebut dilakukan sebagai bagian dari komitmen OJK untuk melakukan pelindungan terhadap konsumen dan masyarakat," tuturnya.

BACA JUGA:Pemkab Indramayu Suarakan Peran Penting Perempuan dan Kesetaraan Gender di Hari Kependudukan Dunia 2023

Terkait hal tersebut, menurut Oman, Kepala Subbagian Edukasi dan Perlindungan Konsumen Kantor OJK Cirebon Panny Malangsari menjelaskan, saat ini OJK menyiapkan begitu banyak kanal informasi yang dapat dimanfaatkan oleh media dalam mengakses informasi tentang sektor jasa keuangan.

“Kami memiliki website, media sosial, minisite PPID. Bahkan saat ini seluruh media sosial di daerah juga aktif. Tentu ini dapat dimanfaatkan oleh media untuk mendapatkan akses informasi lebih luas,” ujarnya.

BACA JUGA:Mau Coba Bermalam di Varvara Hill Tenjo Laut Palutungan? Dijamin Betah dan Enggan untuk Pulang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: