Termurah di Kuningan, Segini Harga Tiket Masuk ke Gedung Perjanjian Linggarjati, Bikin Melongo Pengunjung

Termurah di Kuningan, Segini Harga Tiket Masuk ke Gedung Perjanjian Linggarjati, Bikin Melongo Pengunjung

Petugas pengelola Museum Gedung Perjanjian Linggarjati, Kuningan, Jawa Barat, berjaga di dekat meja pembelian tiket masuk museum seharga Rp2 ribu per orang. (Agus Sugiharto)--

Agus mengatakan, selain PNS dari BCB Serang, juga ada PNS Pemkab Kuningan dan sejumlah pegawai honorer.

"Tidak ada anggaran rutin atau bulanan yang dikucurkan dari Pemkab Kuningan untuk Museum Gedung Perjanjian Linggarjati," ujar Agus, Minggu 20 Agustus 2023.

BACA JUGA:Datangi Desa Cileuya, Petugas UPT Damkar Kuningan Gelar OTT, Barang Bukti Langsung Dimusnahkan

Padahal ketika pengelolaannya masih dibawah Disporapar, setiap penyetoran retribusi, ada prosentase yang kembali diserahkan ke pengelola musium.

Uang prosentase itulah yang kemudian digunakan untuk memenuhi kebutuhan rutin museum.

"Ya dulu saat museum Gedung Linggarjatidibawah Disporapar, ada imbal balik yang kami terima dari retribusi meski tidak besar. Sekarang sih tidak ada prosentase. Tugas kami menyetorkan pemasukan dari tiket retribusi ke Disdikbud karena memang dibawah Disdikbud," papar Agus.

BACA JUGA:Kisah Gedung Perjanjian Linggarjati, Kuningan, Berawal dari Gubuk Jasitem, Jadi Saksi Bisu Sejarah Bangsa

Karena tidak ada anggaran yang diterima dari pemerintah daerah, pihaknya mengalami kesulitan ketika ada kerusakan di bagian gedung yang harus segera diperbaiki.

Agus mencontohkan, bagian atas villa yang ada di samping gedung mengalami kebocoran karena reng nya sudah rusak karena faktor usia.

BACA JUGA:Rayakan Agustusan, Pegawai Diskominfo Kuningan Makan Lesehan Bareng, Menunya dari Rereongan Kabid

"Terpaksa kami ganti menggunakan reng dari bambu seadanya. Kalau yang ringan-ringan sebisa mungkin kami tangani. Tapi kalau kerusakannya berat, ya kami angkat tangan," sebut dia. (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: