Tim Gabungan Bikin Sekat Bakar dari Cileutik ke Karang Dinding, Kebakaran Hutan TNGC Belum Bisa Dipadamkan

Tim Gabungan Bikin Sekat Bakar dari Cileutik ke Karang Dinding, Kebakaran Hutan TNGC Belum Bisa Dipadamkan

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Jawa Barat datang ke Blok Cileutik, Desa Padabeunghar, Kuningan untuk koordinasi kebakaran di area TNGC, Minggu 27 Agustus 2023.--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM-  Kebakaran hutan di Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai, belum sepenuhnya bisa tertangani. Tim gabungan dari TNGC, BPBD, UPT Damkar Satpol PP, MPA, Kodim, Polres, relawan dan masyarakat masih berjuang melakukan pemadaman.

Kebakaran di kawasan TNGC kali pertama terjadi pada Jumat pagi 25 Agustus 2023 pukul 10.30. Lokasinya di Blok Batu Kuda, Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan.

BACA JUGA:Ribuan Warga Rebutan Nasi Pincuk Babarit Hari Jadi Kuningan, Bupati Acep dan Wabup Ridho Pamitan

Si jago merah kemudian meluas ke arah Bukit Seribu Bintang dan Karang Dinding. Hingga Minggu siang 27 Agustus 2023, upaya penanganan darurat dilakukan petugas gabungan.

Ratusan personil menyebar ke beberapa titik. Pemadaman kebakaran melalui darat dengan menggunakan berbagai peralatan.

Seperti parang, jet Shooter, pembuatan skat bakar dan juga menyemprotkan air dari mobil milik UPT Damkar.

Titik api mengarah ke Cileutik dan Karang Dinding. Sampai hari Minggu, kebakaran terjadi di 8 titik. 

BACA JUGA:Ini 3 Kampung Mati di Kuningan, Korban Pergerakan Tanah, Tapi Masih Disambangi Warga saat Siang Hari

Kepala Pelaksana BPBD Kuningan, Indra Bayu Permana melalui Pusdalops merilis, jumlah lahan yang terbakar hingga Sabtu sore, telah mencapai 151 hektare.

Menurut Indra Bayu, proses pemadaman melibatkan petugas gabungan dari BPBD, BTNGC, TNI/POLRI, SATPOL PP, Damkar, Pemdes dan Pemerintah Kecamatan.

Kemudian juga dari masyarakat/relawan. Relawan ini terdiri dari pengelola ODTWA disekitar lokasi, dan Masyarakat Peduli Api (MPA).

"Total luasan dampak karhutla, pada tanggal 25 Agustus 56,9 ha, sehari kemudian bertambah 76,1 ha dan 18 ha. Jadi total sementara hutan yang terbakar mencapai 151 hektare. Sedangkan perhitungan jumlah kerugian masih dalam penanganan petugas,"  jelas Kalak BPBD, Minggu 27 Agustus 2023.

BACA JUGA:Blok Batu Kuda Gunung Ciremai Terbakar, BPBD Kuningan dan Tim Gabungan Berjibaku Padamkan Api

Ibe, panggilan akrab Indra Bayu menambahkan,  api pertama kali pertama kali diketahui masyarakat pada Jumat lalu, pukul 10:30 WIB di Blok Batu Kuda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: