Antisipasi Banjir, Warga dan Anggota TNI Bersama-sama Bersih-bersih Sungai Ciomas di Kelurahan Cijoho Kuningan

Antisipasi Banjir, Warga dan Anggota TNI Bersama-sama Bersih-bersih Sungai Ciomas di Kelurahan Cijoho Kuningan

DIBERSIHKAN: Sampah Sungai Ciomas di Kelurahan Cijoho Kuningan, dibersihkan untuk antisipasi banjir di musim hujan. -ist -

KUNINGAN RADARKUNINGAN.COM - Warga bersama anggota TNI dari Koramil 1501/Kuningan turut serta dalam kegiatan bersih-bersih sungai yang dilakukan di Sungai Ciomas di Kelurahan Cijoho, Kuningan.

Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan bebas dari sampah, serta sebagai upaya antisipasi terhadap banjir di musim hujan.

 

Bergotong royong, Babinsa Koramil 1501/Kuningan Serka Anggodo beserta warga dari Lingkung Dago, Lingkung Aton, dan Lingkung Kliwon Kelurahan Cijoho, bekerja sama dalam memungut sampah-sampah yang tersebar di sungai.

Dengan seragam lengkapnya, Serka Anggodo ikut turun ke sungai dan membantu warga membersihkan sampah yang terdapat di sungai. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Kelurahan Cijoho Eman Sulaeman, Bhabinkamtibmas Cijoho, Ketua Forum RT RW Dedi Magrib, serta para ketua RT RW setempat.

BACA JUGA:Pemerintah Kabupaten Kuningan dan Pemerintah Kabupaten Brebes Kerja Sama Pengelolaan Air Bendungan Kuningan

 

Ketua Forum RT RW Kelurahan Cijoho Dedi Magrib, menjelaskan bahwa kegiatan pembersihan sungai ini bertujuan untuk menjaga agar aliran sungai tetap lancar saat musim hujan tiba. Ranting-ranting kayu dan rumput liar yang tumbuh di sungai dapat menghambat aliran air dan berpotensi menyebabkan banjir.

Selain itu, pembersihan sungai juga dapat menghindarkan lingkungan dari bau yang tidak sedap akibat tumpukan sampah.

 

"Kegiatan bersih-bersih sampah yang dilakukan juga dapat menghindarkan dari bau yang tidak sedap akibat sampah yang menumpuk," ujar Dedi Magrib.

 

Babinsa Cijoho Serka Anggodo, menambahkan bahwa dirinya beserta warga ikut serta dalam kegiatan bersih-bersih sungai dengan harapan dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan terhindar dari munculnya wabah penyakit.

BACA JUGA:Aksi Protes Berujung Bentrok dalam Pengamanan Kantor KPU dan Kantor Bawaslu Kuningan

Serka Anggodo juga menekankan bahwa kebersihan sungai bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga merupakan tanggung jawab bersama seluruh masyarakat. Dengan melakukan kegiatan peduli lingkungan ini, diharapkan Kabupaten Kuningan, khususnya Kelurahan Cijoho, dapat tetap lestari dan menjaga kebersihan lingkungannya.

 

"Kebersihan sungai menjadi tanggung jawab bersama bukan hanya dari pemerintah namun juga masyarakat. Semoga dengan kegiatan peduli lingkungan ini dapat menjadikan Kabupaten Kuningan khususnya Kelurahan Cijoho tetap lestari," kata Serka Anggodo

 

Melalui kerja sama dan partisipasi dalam kegiatan bersih-bersih sungai, masyarakat Kuningan dapat memberikan kontribusi nyata dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan. Hal ini juga menjadi momentum yang baik untuk memperkuat rasa persatuan dan gotong royong antara warga dan TNI dalam menghadapi berbagai tantangan lingkungan.

BACA JUGA:SUKSES, Pendidikan Dasar Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama di Kabupaten Kuningan Diikuti 137 Peserta

Diharapkan, kegiatan seperti ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat lainnya untuk peduli terhadap lingkungan sekitar dan menjaga kebersihan sungai sebagai aset berharga untuk kehidupan kita semua. (ale)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: