Usung Tema Jihad Santri, Jayakan Negeri, Bupati Kuningan Pimpin Upacara Peringatan Hari Santri

Usung Tema Jihad Santri, Jayakan Negeri, Bupati Kuningan Pimpin Upacara Peringatan Hari Santri

Bupati Kuningan, H Acep Purnama memimpin langsung upacara Hari Santri yang dipusatkan di halaman Gedung Setda Kuningan, Minggu 22 Oktober 2023.--

“Peringatan hari santri bukanlah milik santri semata, hari santri adalah milik kita semua, milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan,” ungkapnya.

Kabag Kesra Setda H Nunung Nurjati yang juga Koordinator kegiatan HSN, menyampaikan peringatan Hari Santri ini menjadi momentum untuk mendoakan para pahlawan.

Terutama ulama, kiai, dan santri yang telah syahid demi kemaslahatan bangsa dan agama. 

BACA JUGA:Ini Kata Pemerhati Soal Sosok Calon Pj Bupati Kuningan, Harus Paham Tata Kelola Keuangan Daerah

“Terimakasih untuk semua pihak yang terlibat dengan terselenggaranya kegiatan HSN, semoga ini menjadi bagian perjuangan kita, Jihad Santri Jayakan Negeri,’ ujarnya.

Ketua Panitia HSN Kabupaten Kuningan, Ayub Ahmad menuturkan, santri merupakan pejuang ilmu pengetahuan yang tidak kenal lelah mengejar pengetahuan dan kebijaksanaan sebagai senjata utama.

Dalam tradisi Islam, jihad intelektual adalah cara untuk membela nilai-nilai keadilan, perdamaian, dan pengetahuan.

“Santri sebagai teladan dalam menjalani jihad ini. Dengan buku sebagai senjata dan pena sebagai tongkat kebijaksanaan, para santri memperdalam ilmu dan menyebarkan cahaya pengetahuan,” katanya.

BACA JUGA:Sambut Optimalisasi Bandara Internasional Kertajati, Disporapar Kuningan dan Pelaku Wisata Siapkan Promosi

Ayub menyebutkan, rangkaian acara HSN di Kabupaten Kuningan telah dilakukan. Seperti ziarah ke Syekh Rama Irengan di  Darmaloka, Raden Arya Kamuning di Kuningan, dan Mbah Dako/Makam Rambut di Desa Lengkong.

Juga ke Mbah KH. Abdul Halim di Jagasara Cieurih dan Mama KH Sobari di Desa Ciwedus Timbang. Selain itu,  pembacaan 1 miliar sholawat Nariyah. (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: