Bupati Cellica Ungkap Rencana Bangun Bandara Soekarno Hatta II di Kabupaten Karawang, Saingan Kertajati?

Bupati Cellica Ungkap Rencana Bangun Bandara Soekarno Hatta II di Kabupaten Karawang, Saingan Kertajati?

Bandara Soekarno Hatta II yang kabarnya akan dibangun di Kabupaten Karawang. Foto hanya ilustrasi-Istimewa-radarkuningan.com

KARAWANG, RADARKUNINGAN.COM - Bupati KARAWANG, dr Cellica Nurrachdiana mengungkap rencana pembangunan Bandara Internasional Soekarno Hatta II di Kabupaten KARAWANG, Jawa Barat.

Bupati Cellica mengungkap rencana tersebut lewat tangkapan layar sebuah artikel dengan judul: Jadi Daerah Ramah Investasi, Karawang Bakal Punya Bandara Internasional.

Artikel tersebut merupakan unggahan dari salah satu media sosial di Kabupaten Karawang @infokrw yang mengunggah ulang berita di detik.com terkait rencana membangun Bandara Soekarno Hatta II di Kabupaten Karawang.

"Bismillah, selamat Hari Senin," tulis Cellica memberikan keterangan pada unggahan tersebut seperti dikutip radarkuningan.com, Senin, 30, Oktober 2023.

BACA JUGA:Booth di Bandara Kertajati, Pemkab Kuningan Bakal Manfaatkan untuk Promosi Wisata dan Produk UMKM

Mengutip pemberitaan tersebut, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Karawang, Eka Sanatha mengatakan, ke depan memang akan ada bandara internasional.

"Ada rencana yang lebih mengejutkan bahwa Karawang akan memiliki bandara bertaraf internasional yakni rencana pembangunan Bandara Soekarno Hatta II," katanya, pada artikel tersebut.

Disebutkan Eka bahwa Bandara Soekarno Hatta II akan dibangun di Kabupaten Karawang dan sudah masuk dalam rencana tata ruang nasional.

Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2017 dan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 69 tahun 2012.

BACA JUGA:Bukit Kembar Jalintim Garatengah-Karangmangu Mulai Landai, Pagi dan Sore Pengguna Jalan Masih Bisa Melintas

Peraturan Pemerintah 13 tahun 2017 tersebut adalah tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2008 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional.

Rencana pembangunan Bandara Soekarno Hatta II tersebut sempat menjadi topik peberitaan di tahun 2019.

Rencananya, bandara tersebut dibangun di atas lahan seluas 3.000 hektare atau hampir 2 kali lipat luas Bandara Kertajati.

Lokasinya disebutkan berada di Kecamatan Ciampel dan diproyeksikan menjadi pendukung dari Bandara Soekarno Hatta di Cengkareng, Banten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: