Jenderal TNI Agus Subiyanto Dinilai Memenuhi Syarat sebagai Calon Panglima TNI

Jenderal TNI Agus Subiyanto Dinilai Memenuhi Syarat sebagai Calon Panglima TNI

CALON PANGLIMA: Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Agus Subiyanto (kiri) dinilai sudah memenuhi syarat sebagai calon Panglima TNI.-Dinas Penerangan TNI AD-

RADARKUNINGAN.COM - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Agus Subiyanto dinilai sudah memenuhi syarat dan siap untuk menjadi calon Panglima TNI. Penilaian ini disampaikan oleh Laksamana TNI Yudo Margono setelah Presiden Joko Widodo mengusulkan nama Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai calon tunggal Panglima TNI.

 

Menurut Laksamana Yudo, yang juga akan memasuki masa pensiun, Jenderal Agus memiliki kemampuan untuk membawa TNI menjadi lebih tangguh. Yudo mengungkapkan keyakinannya bahwa Jenderal Agus dapat memimpin para kepala staf dari tiga matra TNI, yaitu Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara, serta menjalin sinergi yang baik dengan Polri.

BACA JUGA:Timnas Piala Dunia U-17 Mulai Berdatangan di Bandara Soekarno Hatta, Ada yang dari Kertajati?

"Saya yakin beliau mampu untuk memimpin TNI. Tentunya, nanti (TNI) bersinergi dengan Polri dan juga bisa bersama-sama kepala staf yang lain untuk membawa TNI yang lebih baik, lebih profesional, modern, tangguh," kata Yudo seusai menutup Pendidikan Reguler ke-51 Sesko TNI TA 2023 di Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (2/11/2023).

Laksamana Yudo juga menyatakan bahwa Jenderal Agus sudah memenuhi syarat sebagai calon Panglima TNI. Dia berkomitmen untuk berkomunikasi dan melepas segala tugas dan kebijakan yang harus dilanjutkan sebagai Panglima TNI ke depan kepada Jenderal Agus.

"Ya, saya kira sudah memenuhi syarat. Syaratnya sudah harus Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD). Pak Agus Subiyanto baik. Saya yakin nanti saya akan menyerahkan apa-apa yang sudah dilakukan kebijakan saya," jelas Yudo.

BACA JUGA:Pakai Boeing 777-300 ER, Garuda Indonesia Hadir di Bandara Kertajati, Khusus untuk Penerbangan Ini

Lebih lanjut, Yudo menyebut beberapa hal yang harus dikerjakan oleh Panglima TNI, terutama terkait pengamanan Pemilu Serentak 2024. Selain itu, operasi dan latihan prajurit TNI juga harus terus dilaksanakan dengan baik.

"Dalam perencanaan kegiatan sudah ada semuanya, yang kami susun di tahun 2023 ini, dan nantinya di tahun 2024, tentunya ada pemilu," ujar Laksamana Yudo.

Yudo juga mengungkapkan bahwa untuk menjadi panglima TNI, seorang prajurit harus siap menghadapi berbagai dinamika yang pasti terjadi di lapangan. Dia berharap Jenderal Agus akan mampu menghadapi dinamika tersebut sesuai dengan tugasnya.

BACA JUGA:Potret Sederhana Rumah Keluarga Anies Baswedan di Kuningan, Pasti Sering Lewat Sini Cuma Tak Sadar

"Tentunya, di dalam perjalanan kan tidak stagnan begitu saja, pasti ada dinamika. Di situlah nanti beliau (Agus) akan melaksanakan sesuai dinamika yang ada," tuturnya.

Sebagaimana diketahui, DPR RI telah menerima surat presiden (surpres) mengenai penunjukan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI untuk menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono yang akan pensiun pada 26 November 2023. Jenderal Agus baru-baru ini dilantik sebagai KSAD pada tanggal 25 Oktober 2023, menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang akan purna tugas pada 19 November 2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: