Habitat Terakhir Harimau Jawa di Gunung Ciremai? Kesaksian Pendaki Masih Melihat di Tahun 2002

Habitat Terakhir Harimau Jawa di Gunung Ciremai? Kesaksian Pendaki Masih Melihat di Tahun 2002

Habitat Harimau Jawa diduga pernah ada di Gunung Ciremai.-Peduli Karnivor Jawa for-radarkuningan.com

Kuningan, RADARKUNINGAN.COM – Kesaksian seorang pendaki Gunung Ciremai menguatkan bahwa gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut adalah salah satu habitat terakhir dari Harimau Jawa.

IUCN memang telah mengeluarkan vonis bahwa Harimau Jawa telah punah tahun 1980-an dan diduga Taman Nasional Merubetiri, Jawa Timur adalah habitat terakhir dari hewan buas bernama latin Panthera Tigris Sondaica itu.

Kendati demikian, kesaksian pendaki di tahun 2002 melahirkan hipotesa baru bahwa Harimau Jawa pada saat itu, masih ada di Gunung Ciremai, Kabupaten Kuningan.

Keberadaan Harimau Jawa di Gunung Ciremai memang berkurang sangat drastis di era kolonial Belanda.

BACA JUGA:Konflik Manusia dan Harimau, Sudah Lama Terjadi dan Tercatat dalam Sejarah

Menurut data IUCN di tahun 1940-an populasi Harimau Jawa secara keseluruhan di berbagai hutan di Pulau Jawa hanya tersisa sekitar 40 ekor saja.

Namun, pada tahun 1961 ternyata masih ada Harimau Jawa terbunuh dan spesimennya kini ada di Cirebon.

Pegiat Organisasi Peduli Karnivora Jawa (PKJ), Didik Raharyono mengaku, pernah menyaksikan langsung spesimen awetan kepala Harimau Jawa yang ada di Cirebon tersebut.

Selain bukti spesimen, Didik melihat, kesaksian dari seorang pendaki tersebut membuktikan bahwa Harimau Jawa pernah memiliki habitat di Gunung Ciremai.

BACA JUGA:Penduduk Desa Ini Habis Dimangsa Harimau, Nyaris Tak Bersisa

"Ini menjawab rasa penasaran saya, karena pernah ketemu langsung spesimen awetan kepala Harimau Jawa tahun 2010 di Cirebon. Itu kepala Harimau Jawa yang terbunuh tahun 1961 di lereng timur Gunung Ciremai," kata Didik.

Menurut Didik, kesaksian pendaki Gunung Ciremai menjadi penguat hipotesa bahwa habitat terakhir Harimau Jawa tidak hanya di Taman Nasional Merubetiri Jawa Timur.

"Tahun 1961 mati ada bukti spesimen kepalanya dan tahun 2002 masih dijumpai dalam kondisi hidup. Itu menjawab dengan jelas dan gamblang bahwa telah terjadi regenerasi Harimau Jawa dalam rentang waktu 41 tahun," katanya.

Hitungan kasar Didik, bahwa ada sekitar 9 sampai dengan 12 generasi dari Harimau Jawa di Gunung Ciremai. Oleh karena itu, Didik yakin bahwa Gunung Ciremai dulu adalah habitat dari Harimau Jawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: