Bandara Kertajati Baru Beroperasi, Muncul Bandara Sukabumi, Susi Pudjiastuti pun Berang

Bandara Kertajati Baru Beroperasi, Muncul Bandara Sukabumi, Susi Pudjiastuti pun Berang

Rencana pembangunan Bandara Sukabumi mendapat kritik banyak pihak, karena Bandara Kertajati yang baru beroperasi juga belum dioptimalkan. Foto hanya ilustrasi.-Yuda Sanjaya/Dok-radarkuningan.com

Sukabumi, RADARKUNINGAN.COM - Wacana Bandara Sukabumi menarik perhatian publik, lantaran Provinsi Jawa Barat (Jabar) baru saja mengaktifkan Bandara Kertajati.

Sejumlah pengamat dan pengusaha penerbangan pun mengkritisi usulan adanya Bandara Sukabumi yang berpotensi mengulang Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati jilid 2.

Rencana membangun Bandara di Kabupaten Sukabumi memang sudah disuarakan sejak tahun 2018. Tetapi prosesnya jalan di tempat.

Namun rencana tersebut kembali menjadi perbincangan pasca dipantik Menko Marves Ad Interim, Erick Thohir.

BACA JUGA:Mengusir Sepi di Bandara Kertajati, 4 Rute Penerbangan Jadi Andalan

Dia menyebut bahwa ada 2 dari 11 proyek pemerintah yang perlu dikejar yakni pembangunan Bandara Baru Sukabumi.

Pernyataan tersebut disampaikan pada Oktober 2023 yang lalu. Namun, lantas mendapatkan kritik dari berbagai pihak.

Pasalnya keberadaan Bandara Baru Sukabumi berpotensi bakal sulit untuk dikembangkan. Hal tersebut turut dipertanyakan pemerhati aviasi, Alvin Lie.

Ketua Asosiasi Pengguna Jasa Penerbangan Indonesia (Apjapi) tersebut mempertanyakan captive market dari pengguna Bandara Sukabumi dan apakah sudah ada kajian kelayakan bisnisnya.

BACA JUGA:Potret Bandara Kertajati yang Kini Ramai, 4 Rute Penerbangan Ini yang Jadi Favorit Penumpang, Bukan Hanya Bali

"Bandara Sukabumi, captive marketnya warga mana ya? Sudah dikaji kelaikan bisnisnya?" tanya Alvin Lie melalui unggahan media sosial X, baru-baru ini.

Dia mempertanyakan mengapa pemerintah jor-joran membangun bandara di Pulau Jawa. Padahal Ibu Kota Negara saja pindah ke Kalimantan.

"Airlines sudah diajak bicara? Mau jadi Kertajati (KJT) jilid 2? Bandara Karawang - KJT masuk kubur. Saat ini sudah ada 37 bandara dan lapangan terbang/lanud. Apa masih perlu nambah?" tanya Alvin.

Kritik juga disampaikan oleh Pemilik Maskapai Susi Air, Susi Pudjiastuti. "Building Airport is nothing to do with Airline and their flight,' tulis dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: