Bandara Kertajati Baru Beroperasi, Muncul Bandara Sukabumi, Susi Pudjiastuti pun Berang

Bandara Kertajati Baru Beroperasi, Muncul Bandara Sukabumi, Susi Pudjiastuti pun Berang

Rencana pembangunan Bandara Sukabumi mendapat kritik banyak pihak, karena Bandara Kertajati yang baru beroperasi juga belum dioptimalkan. Foto hanya ilustrasi.-Yuda Sanjaya/Dok-radarkuningan.com

BACA JUGA:Tiap Senin-Selasa Penerbangan Bandara Kertajati Anjlok, Hanya Ada 9 Pergerakan Pesawat

Bahkan, Susi Pudjiastuti meminta agar pemerintah stop membangun bandara. Yang perlu dilakukan adalah menggunakan uang tersebut untuk menghidupkan konektivitas penerbangan.

Hal tersebut jauh lebih penting untuk menghidupkan konektivitas tersebut, bahkan bisa untuk 5 tahun bahkan 10 tahun di seluruh Indonesia.

"Stop bangun Bandara pake uangnya buat menghidupkan penerbangannya. Uang satu bandara besar bisa buat connectivity seluruh bandara yang telah dibangun kalau bandara besar cukup untk 5 thn bahkan mungkin 10 tahun penerbangan perintis/ feeder seluruh Indonesia," tandasnya.

Seperti diketahui, pembangunan Bandara Sukabumi rencananya akan dilakukan di wilayah Kecamatan Cikembar.

BACA JUGA:MANTAP! Penumpang Bandara Kertajati Terus Naik, Keterisian Pesawat 70-75 Persen

Namun, masyarakat menilai justru yang dibutuhkan bukanlah pembangunan bandara tetapi sarana transportasi lain seperti Jalan Tol Bocimi sampai Sukabumi Timur.

Ketua Lembaga Analisa dan Transparansi Anggaran (LATAS), Feri Permana menilai, pembangunan bandar abelum menjadi kebutuhan masyarakat di Kabupaten Sukabumi.

"Pembangunan Bandara Kertajati saja, pemerintah masih susah payah untuk menghidupkannya," kata Feri, dilansir dari Radar Sukabumi, Selasa, 14, November 2023.

Menurutnya, lebih penting saat ini pemerintah menyelesaikan Tol Bocimi sampai ke Sukabumi Timur. Ketimbang uangnya dipakai membangun bandara yang belum jadi kebutuhan masyarakat.

BACA JUGA:12 Kawasan Industri Rebana Metropolitan, Didukung Akses LRT Cirebon Raya, Bandara Hingga Jalan Tol

"Kalau dibangun dan tidak ada yang pakai, sayang anggaran negara. Lebih cocok selesaikan Tol Bocimi sampai Sukabumi Timur. Itu baru penting," tandasnya.

Infrastruktur berikutnya yang diperlukan adalah pembangunan double track kereta api Bogor - Sukabumi.

Karena kedua proyek tersebut jauh lebih dibutuhkan daripada membangun Bandara Sukabumi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: