12 Kawasan Industri Rebana Metropolitan, Didukung Akses LRT Cirebon Raya, Bandara Hingga Jalan Tol

12 Kawasan Industri Rebana Metropolitan, Didukung Akses LRT Cirebon Raya, Bandara Hingga Jalan Tol

Kawasan industri di Rebana Metropolitan yang tersebar di 12 lokasi.-Istimewa-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Kawasan aglomerasi perkotaan Rebana Metropolitan bakal dibangun dengan perencanaan bertahap dengan fase pertama sampai dengan 2030.

Di dalam Rebana Metropolitan ini, sudah ada perencanaan terkait dengan kawasan industri yang akan dibangun.

Sebanyak 12 kawasan industri tersebut tersebar mulai dari Kabupaten Subang, Indramayu, Majalengka hingga Cirebon.

Tidak hanya membangun kawasan industri, tetapi akan dilengkapi dengan infrastruktur pendukung berupa konektivitas wilayah lewat jalan tol, kereta api, pelabuhan hingga bandara.

BACA JUGA:Macan Tutul Jawa Gunung Ciremai bisa Turun ke Perkampungan, Jika Babi Hutan Terus Diburu

Kepala BP Rebana Metropolitan, Bernardus Djonoputro mengungkapakan, kawasan ini sudah bukan sekadar konsep. tetapi deliniasi wilayah yang ajeg.

Bahkan sudah masuk dalam rencana pembangunan nasional jangka panjang lewat Perpres 87 tahun 2021 yang ditandatangani Presiden RI, Ir Joko Widodo (Jokowi).

"Rebana Metropolitan itu sekarang sudah bukan konsep lagi, tapi sudah berdenyut. Embrionya sudah kelihatan," tandas Bernardus Djonoputro saat menjadi tamu podcast di Graha Pena Radar Cirebon.

Dijelaskan dia, Rebana Metropolitan merupakan sebuah rencana pembangunan yang meliputi 7 kabupaten kota. Masing-masing memiliki keunggulan dan potensinya.

BACA JUGA:LRT Cirebon Raya Kertajati Masuk Perencanaan Rebana Metropolitan, Hidupkan Jalur Nonaktif Cirebon - Kadipaten?

Dikutip dari publikasi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jawa Barat, lewat Rebana Metropolitan, pada 2030 Pemda Provinsi Jabar berupaya meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi hingga 10 persen.

Pertumbuhan nilai investasi hingga 17 persen, dan menciptakan kurang lebih 4,3 juta lapangan pekerjaan baru.

Beberapa pengembangan kawasan industri yang diutamakan di Rebana Metropolitan meliputi area Subang Barat, Indramayu, Kertajati, Jatiwangi, Cirebon, Krangkeng, Tukdana, Balongan, Butom, Losarang, Patrol, serta Patimban.

Teranyar, di Subang Barat dilakukan pembangunan Subang Smartpolitan oleh PT Suryacipta Swadaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: