Ragam Alasan Kenapa Kucing Kampung Harus Disterilisasi, Bukan Hanya Tekan Populasi

Ragam Alasan Kenapa Kucing Kampung Harus Disterilisasi, Bukan Hanya Tekan Populasi

Ragam Alasan Perlunya Kucing Kampung Disterilisasi, Bukan Hanya Tekan Populasi-orami-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Salah satu cara untuk mengendalikan populasi kucing yang semakin banyak adalah dengan sterilisasi pada kucing.

Populasi kucing memang sangat tinggi, bisa kita lihat banyaknya kucing liar yang berkeliaran dan terlantar di sekitar pemukiman. 

Sterilisasi pada kucing kampung merupakan langkah yang disarankan untuk menekan jumlah populasi kucing. Alasan utama sterilisasi kucing ini tentu untuk mengendalikan jumlah populasi kucing. Dalam istilah lain, sterilisasi ini upaya untuk membuat kucing mandul sehingga menghentikan kucing untuk berkembang biak.

Kucing yang tidak dikendalikan reproduksinya, cenderung menghasilkan keturunan yang tidak diinginkan, sehingga  menjadi kucing liar dan terlantar di jalanan.

Seperti kita tahu bahwa, kucing liar sering kali mengalami kondisi kesehatan yang buruk, tidak terawat, dan menjadi masalah di komunitas tempat mereka berkeliaran.

BACA JUGA:6 Bulan Sekali Kawin, Sekali Lahiran 12, Sterilisasi Kucing Liar Sungguh Mendesak Dilakukan

Dengan melakukan sterilisasi pada kucing kampung, kita dapat membantu mengurangi jumlah kucing liar dan memberikan kondisi hidup yang lebih baik untuk kucing-kucing tersebut. Sterilisasi ini dapat dilakukan pada kucing jantan maupun kucing betina.  

Selain menekan overpopulasi, seterilisasi kucing juga penting dilakukan karena beberapa alasan. Berikut penjelasannya:

1. Sterilisasi Pada Kucing

Sterilisasi kucing merupakan prosedur pembedahan yang dilakukan untuk mencegah kucing jantan dan betina bereproduksi. Pada kucing jantan, dilakukan pengangkatan testis sebagai sumber hormone testosteron, sehingga kadar hormone ini turun setelah operasi.

Sedangkan pada kucing betina, pengangkatan ovarium yang dilakukan dengan ovariektomi. Lalu pengangkatan ovarium dan rahim dengan teknik ovariohisterektomi. Setelah dimandulkan, kucing betina tidak akan bisa hamil lagi.

BACA JUGA:Penting untuk Dipahami, Jangan Lakukan 7 Hal Ini yang Tidak Disukai Oleh Kucing

2. Tujuan Sterilisisasi Pada Kucing

Salah satu alasan utama sterilisasi pada kucing adalah untuk mengontrol populasi. Hal ini dilakukan untuk mencegah kucing hamil lagi dan menghasilkan keturunan yang tidak diinginkan, sehingga pada akhirnya menjadi kucing liar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: