Pemuda Dilatih Tanggap Bencana, Sekda Dian: Harus Selalu Waspada karena Bencana Alam Tak Bisa Diprediksi

Pemuda Dilatih Tanggap Bencana, Sekda Dian: Harus Selalu Waspada karena Bencana Alam Tak Bisa Diprediksi

Seratusan pemuda yang mengikuti pelatihan manajemen tanggap bencana tengah mendengarkan pemaparan dari Sekda Kuningan, H Dian Rachmat Yanuar, Sabtu 18 November 2023.--

Peran aktif pemuda dalam kegiatan kemanusiaan dan tanggap bencana, lanjut Dian, harus dilakukan melalui latihan dan sinergitas dengan semua pihak.

Pelatihan ini menjadi langkah konkret dalam membangun ketangguhan pemuda akan pencegahan dan penanggulangan bencana.

BACA JUGA:Jumlah Macan Tutul Gunung Ciremai Bertambah, BTNGC Sebut Warga dan Pendaki Tak Perlu Khawatir

"Melalui kegiatan ini, saya berharap  peserta dapat menjadi agen perubahan yang aktif dalam meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan terhadap potensi bencana.  Menjadikan penanggulangan sebagai tanggungjawab bersama," ujar Dian yang juga Kepala BPBD Kuningan tersebut.

Perwakilan Asdep Kepemimpinan dan Kepeloporan Pemuda Kemenpora RI, Boby Febrian mengatakan, Kemenpora memberikan dukungan pengembangan kapasitas pemuda Indonesia dalam berkolaborasi untuk memberikan kemanfaatan kepada negeri.

“Seperti kegiatan yang diselenggarakan di Kuningan ini. Bahwa para pemuda mesti memiliki pemahaman tentang kebencanaan, sehingga akan memberikan solusi dalam penanggulangan bencana alam, selain itu kewaspadaan bencana sosial,” sebut Boby.

BACA JUGA:Ular Kobra Jawa Ada di Lemari, Bikin Warga Karangmangu Ketakutan, Petugas Damkar Kuningan Langsung Beraksi

Pembina LPIA yang juga Ketua PPSI Kuningan, KH Muhammad Ali Subhan menerangkan, kegiatan ini sebagai upaya menciptakan relawan yang berkualitas handal dan mampu bergerak cepat.

Serta efektif demi kemanusiaan, sebagai langkah antisipasi dalam pertolongan.

“Kegiatan ini kerjasama dengan Kemenpora RI, dan peserta sekitar 100 orang. Peserta selain dari LPIA, PPSI, ada juga perwakilan Mapala, Banser, mahasiswa dan lainnya,” ucap Subhan. (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: