Hotmik Lapis Pertama Kelar, Ini Penampakan Jalan Wisata Cipari-Cisantana Kuningan, Josss Pemandangannya

Hotmik Lapis Pertama Kelar, Ini Penampakan Jalan Wisata Cipari-Cisantana Kuningan, Josss Pemandangannya

Jalan baru Cipari-Cisantana yang dibangun dari anggaran APBN sudah tuntas penghotmikan lapis pertama, tinggal lapis kedua. --

Kuningan, RADARKUNINGAN.COM- Pembangunan jalan baru Cipari-Cisantana sepanjang 2,2 kilometer sudah rampung penghotmikan lapis permukaan dasar atau overlay BCWC.

Untuk overlay permukaan lapis kedua atau ACWC bakal dilakukan secepatnya. Meski overlay lapisan pertama sudah selesai namun jalan wisata ini belum dibuka untuk umum karena menunggu hingga pengerjaan benar-benar tuntas.

Selain itu, pihak rekanan juga melakukan penghotmikan tambahan sepanjang 1,4 kilometer.

Jalan yang dihotmik yakni dari pintu masuk ke arah timur sepanjang 400 meter ke arah parkiran Gua Maria. Sedangkan 1 kilometernya ke arah barat hingga sebelum Arunika.

BACA JUGA:Ironis, Desa Dekat Kebun Raya Kuningan Ini Sering Kesulitan Air Bersih, Padahal Miliki Sumber Mata Air Sendiri

Jalan baru wisata Cipari-Cisantana yang dibangun dati anggaran APBN tahun anggaran 2023 sebesar Rp23 miliar memiliki lebar 7 meter.

Perusahaan yang mengerjakan ruas jalan ini adalah PT Mahakarya Limac, dari Jakarta. 

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUTR Kuningan, Teddy Sukmajayadi  membenarkan selesainya pengaspalan lapis pertama proyek jalan wisata Cipari-Cisantana.

Kondisi ini sesuai dengan target awal yang diharapkan pemerintah terkait penyelesaian proyek jalan tersebut.

BACA JUGA:Gegara Lirikan Mata, Selebgram Malaysia 'Trippy' Lihat Lukisan Prabu Siliwangi di Keraton Kasepuhan

“Pekerjaan Jalan Baru Cipari-Cisantana progresnya sesuai target, malah lebih cepat. Overlay lapis dasar sepanjang 2,2 kilometer dan lebar 7 meter, sudah rampung. Tinggal penghotmikan lapisan permukaan. Dalam satu pekan ke depan juga tuntas, dan bisa diresmikan," papar Teddy, Senin 20 November 2023.

Teddy memperkirakan, akhir bulan ini pekerjaan proyek jalan wisata segera rampung. Kendati lapis pertama sudah 100 persen, tapi belum bisa dibuka untuk kendaraan.

Pihak rekanan juga akan memasang marka jalan dan lampu penerangan jalan umum (PJU) tenaga surya sebanyak 50 titik di sepanjang jalan wisata tersebut 

“Insya Allah, akhir bulan ini pekerjaan pengaspalan bisa selesai. Masyarakat bisa segera menikmati jalur tersebut. Peresmian jalan akan dilakukan oleh pak bupati bersama proyek lainnya," kata Teddy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: