Biaya Sterilisasi Kucing di Tahun 2023, Memberikan Kualitas Populasi Kucing !

Biaya Sterilisasi Kucing di Tahun 2023, Memberikan Kualitas Populasi Kucing !

Biaya sterilisasi kucing jantan dan betina.-finansialku.com-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Populasi kucing saat ini sangat meningkat dikalangan kucing kampung, sehingga tidak heran jika terdapat metode sterilisasi sebagai tindakan untuk menghilangkan fungsi produksi dari kucing betina maupun kucing jantan.

Steril ini dapat dilakukan oleh kucing betina dengan melakukan oprasi kecil mengangkat rahim dan indung kucing sedangkan pada kucing jantan Steril dapat dilakukan dengan oprasi mengangkat organ testis.

Proses steril ini dapat menjadi solusi bagi pemilik kucing yang menginginkan kucingnya tetap sehat karena tidak ada gangguan kehamilan dan terdapat manfaat lainnya.

Selain untuk mengurangi populasi kucing yang berakibat pada kurang terawatnya kucing, sehingga banyak yang berkeliaran di jalan dan menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

BACA JUGA:Tempat Wisata dan Staycation dengan Pesona Alam Memukau di Kaki Gunung Ciremai

Oleh sebab itu steril sangat diperlukan untuk kucing, untuk proses sterilisasi ini terdapat persyaratan yang harus dilakukan, diantaranya :

  • Kucing harus dalam kondisi sehat sehingga dapat memberikan hasil oprasi yang berhasil.
  • Kucing berusia kurang lebih 6 bulan sebelum menjalani steril.
  • Kucing tidak dalam keadaan birahi.
  • Kucing harus memiliki berat mencapai 2 kg lebih.
  • Sebelum oprasi steril kucing betina harus berpuasa selama 9 jam dan pada kucing jantan berpuasa 1 jam.
  • Kucing tidak dalam keadaan hamil dan menyusui.
  • Menandatangani surat persetujuan oprasi sebelum steril dan membayar registrasi oprasi.
  • Memantau konsisi kucing selama 14 hari pasca oprasi, karena kucing membutuhkan perawatan yang lebih.

BACA JUGA:4 Ide Nama Lucu Kucing Jantan, Sesuai Karakter Kucing

Selain itu, terdapat biaya sterilisasi kucing, namun pada kucing betina memerlukan dua kali lipat dari harga steril kucing jantan, hal tersebut disebabkan karena proses oprasi yang lebih singkat pada kucing jantan dibanding kucing betina.

Untuk harga steril ditahun 2023 mengutip dari laman kumparan.com menyatakan bahwa: Kucing jantan ras kampung atau pun domestik memiliki harga steril kisaran Rp. 215.000,- sampai dengan Rp. 300.000,- dan pada kucing jantan ras Rp. 300.000,- sampai dengan Rp. 350.000,-.

Dan untuk harga steril domestik dan ras pada kucing betina yaitu kisaran, kucing domestik Rp. 300.000,- sampai dengan Rp. 350.000,- dan pada kucing betina ras sekitar Rp. 400.000,-. Hal tersebut karena steril kucing betina memiliki proses yang cukup panjang dibandingkan kucing jantan.

BACA JUGA:Inilah Waktu Datangnya Musim Kawin Kucing, Perhatikan 5 Tanda Anabul Lagi Ingin Kawin

Itulah beberapa informasi tentang sterilisasi pada kucing mengenai syarat sebelum dan sesudah steril, dan terdapat harga steril terbaru di tahun 2023. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menjadikan referensi dalam rencana anda untuk sterilisasikan kucing peliharaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: