7 Aktivitas Menarik jika Berkunjung ke Desa Wisata Cibuntu, Bisa Berkemah hingga Mainan Air

7 Aktivitas Menarik jika Berkunjung ke Desa Wisata Cibuntu, Bisa Berkemah hingga Mainan Air

Berkemah merupakan salah satu aktivitas di Desa Wisata Cibuntu Kuningan. -Jadesta Kemenparekraf-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Tak menyangka jika daerah terpencil ini menjadi salah satu unggulan tujuan wisata di Kabupaten Kuningan.

Setidaknya ada 7 aktivitas menarik jika berkunjung ke kawasan ini. Dari berwisata sejarah, alam, bermain air hingga bisa menginap di tempat ini.

Desa ini bernama Cibuntu. Masuk dalam wilayah Kecamatan Pasawahan, Kuningan, Jawa Barat. Desa ini lokasinya persis di kaki Gunung Ciremai.

Padahal dulu desa wisata ini sangat terpencil dan terisolasi. Jarak dengan desa lain pun dibatasi oleh pembatas alam. Lereng Gunung Ciremai, perbukitan, ladang dan perkebunan.

BACA JUGA:Pesona Villa Sarae Land View Memiliki Bangunan Ala American Style, Cocok Untuk Dikunjungi !

Di banding dengan desa-desa yang lain, Cibuntu paling jauh dari pusat kecamatan. Untuk mencapai desa wisata ini harus melalui perkebunan karet milik PT Geger Halang.

Selain jauh dan terpencil, desa ini ternyata dulu sebagian wilayahnya merupakan bekas galian C. Di lokasi bekas galian pasir dan batu ini yang dijadikan lokasi wisata.

Kerja keras masyarakatnya, dan didukung oleh pemerintah, menjadikan desa ini menjadi salah satu tujuan wisata terbaik di Kabupaten Kuningan.

Tak salah jika tempat ini menjadi desa wisata yang berprestasi. Bisa meraih 5 besar homestay terbaik tingkat ASEAN pada tahun 2016.

BACA JUGA:Akhirnya Jadi Juga, Hari Kamis, Bupati Kuningan Lantik 4 JPT Pratama Baru dan Gelar Mutasi Ratusan Pejabat

Setahun setelahnya, Cibuntu meraih peringkat ke-2 Nasional Desa Wisata Terbaik di ajang Community Based Tourism 2017.

Pada tahun 2021 mendapatkan  Award ISTA kategori Green (tata kelola pariwisata), predikat Inisiator Desa Wisata dari Bupati Kuningan. Award ini disampaikan pada Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Kuningan.

Kemudian masuk sebagai 8 besar Desa Brilian dari Bank Rakyat Indonesia.

Desa wisata ini terletak di kaki Gunung Ciremai. Desa ini tepatnya berada di Kecamatan Pasawahan Kabupaten Kuningan Jawa Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: