Apakah Tanaman Hias Sirih Gading Menjadi Pembersih Udara Di Area Indoor Maupun Outdoor? Bagaimana caranya?

Apakah Tanaman Hias Sirih Gading Menjadi Pembersih Udara Di Area Indoor Maupun Outdoor? Bagaimana caranya?

Tanaman sirih gading pembersih ruangan.-gardening.id-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Apa benar tanaman sirih gading dapat membersihkan udara? Ternyata benar tanaman hias sirih gading dapat membersihkan udara disekitar. Sirih gading dikenal dengan tanaman pembersih udara karena mengandung senyawa formaldehida, xylene, dan benzene.

Memiliki fungsi untuk menyerap molekul racun berbahaya seperti asap rokok, oleh karenanya tanaman ini biasanya diletakan di ruangan smoking room dan bisa meningkatkan kualitas udara.

Selain itu, ketika diletakan di indoor tanaman sirih gading ini dapat melembabkan udara di ruangan tersebut, karena memiliki fungsi untuk kesehatan diantaranya: menjaga kulit terhidrasi dengan baik, melindungi dari penyakit flu dan pilek.

Pada dasarnya tanaman memiliki sifat mengubah karbondioksida menjadi oksigen, sehingga ketika tanaman sirih gading berada di rumah maka suasananya akan nampak sejuk dan segar akibat dari pasokan oksigen tersebut.

BACA JUGA:Setelah Mengejek, Minta Maaf Lalu Diundang Harry Maguire ke Old Trafford, Isaac Adongo Ngaku Fans Chelsea

Suasana sejuk tersebut dapat menenangkan jiwa dan menyehatkan psikis pemilik rumah karena pikiran yang tenang akibat melihat tanaman hijau seperti sirih gading di rumah. Selain itu, terdapat keindahan dari bentuk tanaman sirih gading yang dapat difungsikan sebagai dekorasi rumah.

Tanaman ini termasuk pada jenis merambat, berasal dari tanaman berbunga araceae yang disebut golden pothos atau dengan julukan devil's ivy (sulit mati), karena dapat tahan dengan udara panas dan kemampuan menyerap polusi dan racun.

Tanaman Sirih Gading tumbuh merambat mencapai maksimal 20 meter dengan diagonal batang hingga 4 cm, dan memiliki akar udara menempel pada permukaan dinding. Selain itu memiliki daun yang berbentuk hati, corak emas dan ukuran daun maksimal 100 cm panjang dan 45 cm luas.

Tanaman ini dapat diletakan pada indoor ataupun outdoor. Selain itu, sebagai penghias aquarium dan tumbuh dengan cara hidroponik sehingga dapat bermanfaat bagi akuarium menyerap nitrat.

BACA JUGA:Keruing, Pohon Langka Bisa Jadi Obat Ini, Dapat Ditemukan di Gunung Ciremai, Lokasinya Dirahasiakan?

Namun, anda harus tahu bahwa tanaman sirih gading memiliki racun yang membahayakan kucing jika termakan termakan, sehingga akan menyebabkan iritasi, mual, muntah dan kesulitan menelan.

Jika anda ingin menanam tanaman sirih gading pastikan terhindar dari jangkauan binatang peliharaan agar tidak teracuni. Cara menanamnya pun mudah, yaitu: gunakan pot campuran berbasis tanah sebagai tanaman yang ingin dipajang atau sebagai dekorasi rumah di dalam ruangan.

Dan jika ingin menanamnya di luar ruangan, tumbuhkan pada tanah yang subur serta lembab menggunakan tiang sebagai cagak sebagai merambatnya tanaman sehingga akan tampak lebih indah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk mengetahui tentang tanaman sirih gading sebagai pembersih udara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: