5 Waktu Ideal Jalan Kaki, Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh dan Menurunkan Berat Badan

5 Waktu Ideal Jalan Kaki, Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh dan Menurunkan Berat Badan

5 Waktu Ideal Jalan Kaki, Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh dan Menurunkan Berat Badan -Kompas health-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Jalan kaki merupakan jenis olahraga paling murah dan mudah dilakukan di mana saja tanpa mengunakan alat apapun.

Jalan kaki seringkali dianggap sebagai aktivitas yang sepele dibandingkan jenis aktivitas olahraga lainnya seperti jogging atau bersepeda.

Olahraga jalan kaki memang terbilang ringan dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Padahal dengan jalan kaki, ada berbagai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Apalagi jika jalan kaki ini dilakukan sebagai aktivitas yang rutin, setidaknya 30 menit setiap hari. Diantara manfaat jalan kaki yaitu membakar lemak, membuat tubuh sehat dan bugar, menjaga berat badan ideal, meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan jantung, dan masih banyak lagi.

Bahkan dalam beberapa sumber dikatakan bahwa jalan kaki efektif dalam menurunkan berat badan. Hal ini juga dipengaruhi seberapa lama durasi, jarak, kecepatan, jenis jalur dan pola makan yang dikonsumsi.

BACA JUGA:3 Manfaat Rutin Olahraga Jalan Kaki Bagi Lansia, Memberi Dampak Baik Untuk Jiwa

Jalan kaki yang dilakukan secara rutin dengan durasi pendek dan sering lebih baik daripada sekali namun dengan durasi yang panjang. Agar tidak bosan, kamu juga bisa mengkombinasikan jalan kaki ini dengan berbagai latihan interval dan ketahanan.

Untuk mendapatkan manfaat yang lebih optimal, Anda bisa melakukan olahraga jalan kaki ini pada waktu-waktu tertetu.  Berikut ini waktu ideal jalan kaki:

1. Pagi Hari

Dengan berolahraga di pagi hari, Anda bisa memulai hari dengan membakar kalori melalui olahraga dan melancarkan metabolisme tubuh.

Berjalan kaki di pagi hari sangat bermanfaat bagi tubuh terutama untuk kekebalan tubuh. Selain itu, pada pagi hari, matahari memproduksi banyak vitamin D yang membantu meningkatkan imunitas tubuh.

BACA JUGA:Cukup Jalan Kaki Efektif Turunkan Berat Badan? Lakukan 5 Tips Berikut!

2. Sore Hari

Waktu yang cocok untuk berolahraga di sore hari sekitar jam 4 dan jam 5, di mana saat itu tubuh sedang berada pada tingkat tertinggi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: