3 Penyakit Penyebab Daun Janda Bolong Menguning dan Cara Mengatasinya

3 Penyakit Penyebab Daun Janda Bolong Menguning dan Cara Mengatasinya

3 Penyakit Penyebab Daun Janda Bolong Menguning dan Cara Mengatasinya-Alhida Mart-radarkuningan.com

Garis-garis dengan cairang lengket ini tampak berukuran serupa . Penyebab utama penyakit ini adalah bakteri yang sangat invasive di lingkungan yang hangat dan basah. 

3. Antraknosa

Penyakit ini juga menyebabkan tepi daun janda bolong menjadi menguning. Kerusakan yang diakibatkan penyakit ini membuat daun janda bolong berubah warna menjadi coklat dan merambat ke seluruh daun.

Lesi besar juga bisa terjadi di batang tanaman. Antarknosa ini merupakan penyakit jamur yang menyebar dari biji dan sisa tanaman.

Cara menangani daun janda bolong yang menguning

1. Pemangkasan

Hal ini sangat penting jika penyebab daun menguning karena terinfeksi penyakit. Lakukan pembuangan ataupun pemangkasan daun agar tidak menyebabkan penyebaran organisme penyebab penyakit.

BACA JUGA:Ini Dia 5 jenis Tanaman Janda Bolong Yang Unik dan Menarik, Tertarik untuk Memilikinya?

2. Gunakan alat berkebun yang steril

Lakukan disinfeksi gunting tanaman sebelum dan setelah digunakan. Alat berkebun bisa dibersihkan dengan alcohol atau air mendidih. Sebab jika tidak dibersihkan, maka kemungkinan besar penyakit akan menyebar ke tanaman yang sehat.

3. Gunakan fungisida

Cara ketiga untuk menangani duan janda bolong yang menguning penyebab terinfeksi penyakit adalah menyemprotnya dengan fungisida. Lakukan sesuai petunjuk dan pilihlah fungisida organic yang aman bagi lingkungan.

4. Pemupukan

Dalam pemupukan tanaman janda bolong, hendaknya gunakan pupuk daun. Dan siramlah pupuk dengan air cucian beras untuk memperkaya nutrisi pada dedaunan.

5. Penyinaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: