Manfaatkan Pekarangan Rumah untuk Tanam Sayuran, Wahyu Hidayah: Bisa Hemat Pengeluaran Rumah Tangga

Manfaatkan Pekarangan Rumah untuk Tanam Sayuran, Wahyu Hidayah: Bisa Hemat Pengeluaran Rumah Tangga

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kuningan, Wahyu Hidayah menuturkan, produksi pangan yang tidak stabil dan keterbatasan dalam memenuhi kebutuhan pangan menjadi pendorong diadakannya upaya-upaya penanggulangan.--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kuningan menggelar rapat evaluasi dan rencana tindak lanjut kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) di Kabupaten Kuningan.

Rapat tersebut dilangsungkan di Bubulak Food and View Resto Cisantana Kuningan. Dalam rapat itu juga dipaparkan berbagai macam manfaat dari menanam sayuran di pekarangan rumah.

BACA JUGA:Capres Anies Kampanye di Tanah Kelahiran, Blusukan ke Pasar Kepuh, Ribuan Warga Sambut Anies di GOR Ewangga

Hadir Kepala Diskatan Wahyu Hidayah dan Ustad Dudung tang merupakan Tenaga Ahli Anggota DPR RI Komisi IV, KH Asep Ahmad Maoshul Affandy.

Kemudian koordinator jabatan fungsional Diskatan, ditambah para Kepala UPTD KPP Garawangi, Kuningan, Ciawigebang, Jalaksana, Darma, Kadugede.

Koordinator BPP Garawangi, Kuningan, Ciawigebang, Jalaksana, Darma, serta Kadugede.

Juga Penyuluh BPP Garawangi, Kuningan, Ciawigebang, Jalaksana, Darma, Kadugede, Perwakilan Desa/Kelurahan kelompok penerima manfaat.

BACA JUGA:Rencana Jalan Tol Kuningan, Dikhawatirkan Aktivis Lingkungan, Berpeluang Rusak Lereng Gunung Ciremai

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kuningan, Wahyu Hidayah menuturkan, produksi pangan yang tidak stabil dan keterbatasan dalam memenuhi kebutuhan pangan menjadi pendorong diadakannya upaya-upaya penanggulangan.

Salah satu upaya pemenuhan ketahanan dan kemandirian pangan di tingkat rumah tangga dapat dilakukan melalui penganekaragaman pangan. Program Pekarangan Pangan Lestari (P2L). 

Hal ini merupakan implementasi dari penganekaragaman pangan dalam rangka pemenuhan kebutuhan gizi keluarga yang memberdayakan kelompok masyarakat.

Perekonomian masyarakat saat ini dihadapkan dengan inflasi. Akan tetapi dengan konsep P2L menjadi solusi strategis dalam pengendalian inflasi. 

BACA JUGA:Anies Baswedan Pulang Kampung ke Kuningan: Insya Allah di Jawa Barat Kita akan Menang Besar

“Pahlawan pengendali inflasi salah satunya adalah P2L. Untuk beberapa kebutuhan pangan rumah tangga keluarga tidak perlu beli. Kita bisa memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami cabe, tomat, sayuran. Selain gizi keluarga tercukupi, hal ini juga bisa menghemat pengeluaran dapur rumah tangga," papar mantan Kepala Diskominfo tersebut, Minggu 10 Desember 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: