Begini Solusi dan Cara Perawatan Tanaman Janda Bolong yang Tepat Agar Daunnya Tidak Keriting

Begini Solusi dan Cara Perawatan Tanaman Janda Bolong yang Tepat Agar Daunnya Tidak Keriting

Begini Solusi dan Cara Perawatan Tanaman Janda Bolong yang Tepat Agar Daunnya Tidak Keriting-tanaman hias-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Janda bolong atau monstera adansonii merupakan salah satu tanaman hias yang banyak digemari karena memiliki nilai keestetikan dan memberikan suasana yang sejuk dan alami.

Tanaman janda bolong memiliki sisi keunikan berupa karakteristik daun berlubang dengan warna hijau mengkilap dan memikat. 

Namun seringkali, daun janda bolong yang cantik sering menunjukan adanya suatu masalah seperti halnya daun yang keriting. Padahal daun yang sehat tidak akan menggumpal atau mengeriting.

Apakah mungkin anda juga pernah mengalami daun janda bolong yang keriting? Umumnya penyebab daun janda bolong yang keriting disebabkan oleh kekurangan dan kelebihan air, stress karena panas, terserang hama, dan sebagainya.

Sehingga menanam tanaman janda bolong perlu perawatan yang tepat agar tanaman hias ini tumbuh subur dan tidak mengalami masalah seperti daun mengeriting.

BACA JUGA:Ini Nih Cara Merawat Janda Bolong di Air Ternyata Mudah dan Praktis

Tapi jangan khawatir, berikut ini ada beberapa solusi agar tanaman janda bolong daunnya tidak keriting.

1. Menyiram tanaman secara rutin

Salah satu penyebab daun janda bolong keriting adalah kekurangan air. Jika kamu jarang menyiram tanaman janda bolong, maka daun janda bolong akan merespons dengan menggulungkan daunnya.

Solusinya adalah kamu perlu menyiram tanaman janda bolong degan rutin. Pastikan penyiraman sampai bagian atas tanah terendam dan air mengalir dengan bebas dari lubang drainase.

2. Penyinaran yang tepat

Suhu yang terlalu panas akan menyebabkan janda bolong stress sehingga daunnya keriting atau tergulung. Panas dan aliran udara menyebabkan janda bolong kehilangan air yang lebih cepat daripada biasanya, sehingga mengakibatkan daun melengkung karena tidak dapat menahan air.

BACA JUGA:Inilah 5 Jenis Tanaman Janda Bolong yang Cocok untuk Penghias Rumah

Maka, cara yang tepat agar tanaman janda bolong daunnya tidak keriting adalah anaman disimpan di tempat yang tidak terkena cahaya matahari secara langsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: