Perjalanan Karir Brigjen Aan Suhanan, Putra Daerah Kuningan yang Kini Jadi Kepala Korlantas Polri

Perjalanan Karir Brigjen Aan Suhanan, Putra Daerah Kuningan yang Kini Jadi Kepala Korlantas Polri

Brigjen Aan Suhanan putra daerah Kabupaten Kuningan yang kini menjadi Kepala Korlantas Polri.-Aan Suhanan/Ig-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Satu lagi putra daerah Kabupaten Kuningan unjuk gigi. Dia adalah Brigjen Aan Suhanan yang kini menjadi Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri.

Brigjen Aan Suhanan adalah sosok putra daerah yang menghabiskan masa pendidikan dasar, menengah hingga atas di Kabupaten Kuningan.

Yakni, SDN Garawangi, SMPN 1 Garawangi, kemudian SMAN 1 Kuningan. Setelah itu, masuk Akademi Kepolisian (Akpol) dan Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK).

Sejumlah jabatan penting pernah diemban oleh Brigjen Pol Aan Suhanan sebelum akhirnya menduduki jabatan Korlantas Polri.

BACA JUGA:7 Destinasi Wisata Belanja Menarik di Semarang, Cocok Buat Liburan Akhir Tahun

Karirnya, tentu dirintis dari bawah yakni Perwira Pertama (Pama) Polresta Surakarta pada 1989.

Kemudian, diangkat menjadi kepala polisi sektor Kapolsek Sukaraja Polres Banyumas pada tahun 1991.

Menariknya, meski berasal dari Kabupaten Kuningan, rupanya Brigjen Aan Suhanan dalam perjalanan karir belum pernah menjabat di lingkungan Polda Jawa Barat.

Baik sebagai kapolsek, kapolres maupun jabatan lainnya. Perjalanan karir tersebut justru lebih banyak di Polda Jawa Tengah, Banten, Kalimantan Tengah hingga Mabes Polri.

BACA JUGA:Brigjen Aan Suhanan, Putra Daerah Kuningan Kini Jadi Kakorlantas Polri

Pada 1992, Aan pernah menjabat sebagai Kasatlantas Polres Banjarnegara. Jabatan tinggi lainnya juga sempat dipegangnya, mulai Kasatlantas Polresta Pontianak pada 2001, Wakapolres Metro Tangerang Kota pada 2004.

Kapolres Pekalongan pada tahun 2007, Kapolres Sukoharjo pada tahun 2008. Setelah itu, Brigjen Aan Suhanan pindah tugas menjadi Wakapolres Metro Jakarta Barat pada tahun 2009.

Jabatan lain yang pernah diemban adalah Dirsabhara Polda Kalimantan Tengah pada tahun 2011. Kabagren Waketbidminwa STIK Lemdiklat Polri tahun 2013, Analis Kebijakan Madya STIK Lemdikpol 2014.

Setahun berselang kemudian menjabat Dirpamobvit Polda Metro Jaya, kemudian di tahun 2016 jenderal asal Kabupaten Kuningan ini menjadi Irbid Itwil I Itwasum Polri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: