Kenali 4 Masalah yang Sering Terjadi Pada Tanaman Sirih Gading, Yuk Simak Apa Saja?

Kenali 4 Masalah yang Sering Terjadi Pada Tanaman Sirih Gading, Yuk Simak Apa Saja?

4 Masalah yang Umum Terjadi Pada Tanaman Sirih Gading-Yuda Sanjaya -Radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Sirih Gading merupakan jenis tanaman hias yang populer, cocok disimpan sebagai tanaman indoor maupun outdoor.

Sirih gading ini termasuk dalam jenis tumbuhan merambat. Memiliki karakteristik berupa daun yang berbentuk hati dengan aneka warna yang menarik. 

Tanaman sirih gading di dalam ruangan memiliki manfaat yang baik diantaranya sebagai pembersih udara alami. Begitu pun sirih gading di luar ruangan, akan memberi kesan tampilan yang indah. 

Tanaman sirih gading dikenal dengan tanaman yang tahan banting dan juga mudah dalam perawatannya. Namun, terdapat masalah yang umum terjadi pada sirih gading.

BACA JUGA:Cara Menanam Sirih Gading Agar Tidak Merusak Tembok, Tempatkan di Bagian Ini

Berikut ini beberapa masalah yang sering terjadi pada tanaman sirih gading, diantaranya sebagai berikut.

1. Bintik-bintik hitam pada daun

Salah satu masalah umum pada sirih gading adalah munculnya bintik hitam pada daun, atau berubahnya warna daun menjadi kuning. Hal ini umumnya disebabkan karena overwatering atu penyiraman yang berlebihan. 

Meskipun media tanah harus lembab, namun jangan membiarkan sirih gading terendam air. Karena akan menyebabkan pengairan yang berlebih.

2. Ujung daun berubah coklat kering 

Masalah umum lainnya pada sirih gading adalah ujung daun sirih gading berubah menjadi coklat. Hal ini biasanya disebabkan oleh kurangnya penyiraman.

BACA JUGA:Mengenal Lebih Jauh Tanaman Sirih Gading: 5 Keunikan Sirih Gading, Tanaman Pembersih Udara yang Tahan Banting

Masalah ini bisa diatasi dengan jadwal penyiraman yang tetap konsisten dan penyiraman hanya dilakukan setelah beberapa inci bagian atas tanah, telah berubah menjadi kering.

3. Daun pucat atau gosong 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: