Virus Mosaik pada Tanaman Janda Bolong Tidak Bisa Disembuhkan, Berikut 4 Cara Mencegahnya Terinfeksi

Virus Mosaik pada Tanaman Janda Bolong Tidak Bisa Disembuhkan, Berikut 4 Cara Mencegahnya Terinfeksi

Virus Mosaik pada Tanaman Janda Bolong Tidak Bisa Disembuhkan, Berikut 4 Cara Mencegahnya Terinfeksi-ist/Plantophiles-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM – Waspadai virus mosaik pada tanaman janda bolong, bisa membunuh tanaman dengan instan, yuk cari tahu cara mengatasinya.

Serangan virus mosaik pada tanaman janda bolong (Monstera deliciosa), juga dikenal sebagai Swiss cheese plant, adalah masalah umum yang dapat mengganggu pertumbuhan dan kesehatan tanaman. 

Namun, serangan virus mosaik dapat menyebabkan kerusakan pada daun, menjadikannya kurang menarik, dan menghambat pertumbuhan tanaman secara keseluruhan.

Tanaman janda bolong atau monstera adansonii ini memang terkanal rentan terkena penyakit atau masalah yang menyebabkan kelainan pada tanaman tersebut.

BACA JUGA:Inilah 3 Penyakit yang Menjadi Penyabab Bercak Coklat di Daun Janda Bolong serta Cara Mengatasinya

BACA JUGA:5 Cara Menanam Janda Bolong Varigata di Depan Rumah, Ternyata Memiliki Banyak Manfaat!

Namun, virus mosaik ini bisa menjadi masalah yang serius dan menyebabkan janda bolong mati.

Oleh karenanya, mari kita cari tahu lebih jelasnya tentang virus mosaik pada tanaman janda bolong serta cara mengatasinya.

Apa Itu Virus Mosaik pada Tanaman Janda Bolong?

Berbagai jenis virus menyebabkan virus mosaik pada tanaman janda bolong. Ini termasuk tobacco mosaic virus (TMV), cucumber mosaic virus (CMV), dan beberapa jenis potyvirus lainnya. 

Virus ini dapat menyebar melalui berbagai cara, seperti bersentuhan langsung dengan tanaman yang terinfeksi, serangga yang menghisap getah, atau alat pertanian yang tercemar.

BACA JUGA:Inilah 5 Penyebab Ada Bercak Coklat pada Daun Janda Bolong, yang Terakhir Paling Sering Ditemui

BACA JUGA:5 Manfaat Budidaya Tanaman Janda Bolong, yang Bagus Untuk Kesehatan dan Pembawa Keberuntungan!

Pola mosaik atau bercak-bercak kuning atau hijau pucat pada daun adalah gejala utama virus mosaik pada tanaman janda bolong. 

Selain itu, daun yang terinfeksi mungkin berubah, mengkerut, atau bahkan mengalami nekrosis pada bagian tertentu. Penurunan pertumbuhan dan produksi daun yang sehat dapat disebabkan oleh inflasi yang parah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: