5 Tokoh Diutus Sunan Gunung Jati Bantu Keadipatian Kuningan, Salah Satunya Bangun 4 Balong yang Kini Dikeramat

5 Tokoh Diutus Sunan Gunung Jati Bantu Keadipatian Kuningan, Salah Satunya Bangun 4 Balong yang Kini Dikeramat

Salah satu dari 4 tokoh diutus Sunan Gunung Jati membantu Keadipatian Kuningan. -Squad Girl-radarkuningan.com

BACA JUGA:3 Penyebab Bercak Kuning pada Daun Janda Bolong, Beserta Cara Tepat Mengatasinya Mengatasinya!

Dengan bantuan para wali, dia membuat kolam yang sekarang dikenal dengan nama Balong Kancra atau Balong Keramat. Juga sering disebut Darma Loka.

Balong ini memang unik jika dilihat dari bentuknya. Bila diperhatikan secara seksama, bentuk balong ini berliku-liku membentuk lafal “Muhammad” dalam huruf Arab.

Sesudah selesai membuat balong di Darma Loka, Syeh Rama Haji Irengan dan para wali sepakat untuk membuat balong-balong lainnya. Terutama di balong beberapa tempat yang memiliki sumber mata air. 

Maka dibangunlah Balong Cigugur. Balong ini berlokasi di Kecamatan Cigugur. Sekarang ini balong ini menjadi salah satu obyek wisata yang sangat terkenal.

BACA JUGA:Murah Meriah! Ini Dia Rekomendasi Destinasi Wisata di Kuningan yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Liburan!

Setelah itu membangun Balong Cibulan. Lokasi ini sekarang menjadi Obyek Wisata Cibulan. Berlokasi di Desa Maniskidul, Kecamatan Jalaksana.

Yang terakhir yang dibangun adalah Balong Pasawahan. Balong ini juga disebut Balong Ikan Dewa, beralamatkan di Desa/Kecamatan Pasawahan.

Tidak jauh dari balong-balong itu, para wali mendirikan tempat-tempat, semacam pesantren. Tempat-tempat itu untuk melakukan kegiatan pemantapan Agama Islam.

Itulah tugas para tokoh yang diutus Sunan Gunung Jati untuk ikut membangun dan membantu Adipati Kuningan. Mereka bukan hanya ahli dalam bidang keagamaaan, tapi juga memiliki keahlian yang lain. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: