Harga Emas XAU/USD Hari Ini Melanjutkan Penurunan Hingga Mendekati $2.020 Jelang Inflasi AS

Harga Emas XAU/USD Hari Ini Melanjutkan Penurunan Hingga Mendekati $2.020 Jelang Inflasi AS

harga emas XAU/USD hari ini mengalami penurunan kembali akibat inflasi AS-Foto via Pinterest-radarkuningan.disway.id

RADARKUNINGAN.COM - Harga emas XAU/USD terus melemah karena sentimen pasar yang berhati-hati menjelang data Inflasi AS.

Logam mulia ini bergerak dalam lintasan penurunan yang dimulai pada 7 Januari, berangsur lebih rendah mendekati $2.020 per troy ons selama sesi Asia pada hari Selasa ini.

Penurunan ini diduga dipicu oleh penguatan Dolar AS untuk 2 sesi berturut-turut, yang didukung oleh imbal hasil obligasi AS yang melemah menjelang rilis data inflasi AS.

Antisipasi tekanan inflasi di Amerika Serikat (AS) telah menciptakan ekspektasi bahwa Federal Reserve (The Fed) akan menahan diri untuk tidak menurunkan suku bunga pada pertemuan bulan Maret.

BACA JUGA:Jelang Ramadhan, Saatnya Beli Mobil! Daftar Mobil Bekas yang Cocok Digunakan untuk Pergi Mudik

BACA JUGA:Sedang Musim Ular Bertelur, Ini 2 Cara Cegah Ular Berbisa Masuk ke Dalam Rumah Menurut Panji Petualang

Prospek ini mengurangi daya tarik aset-aset yang tidak memberikan imbal hasil seperti Emas. Meskipun pasar hanya memperkirakan probabilitas 14% untuk penurunan suku bunga oleh the Fed pada bulan Maret, kemungkinan penurunan suku bunga pada pertemuan Mei diprakirakan sekitar 60%.

Greenback yang membaik memudarkan kilau logam mulia ini. Investor tampaknya lebih memilih Dolar AS daripada Emas sebagai aset safe haven selama ketegangan geopolitik, yang juga turut memengaruhi pergerakan harga emas.

Meskipun demikian, pergerakan harga emas tetap menjadi fokus utama para pelaku pasar, terutama dengan kecenderungan fluktuasi pasar yang semakin tinggi.

Hal ini dianggap telah memperumit situasi bagi investor, karena mereka harus mempertimbangkan berbagai faktor termasuk data inflasi AS, kebijakan moneter the Fed, dan dinamika geopolitik global dalam membuat keputusan investasi.

BACA JUGA:Apakah Kucing Takut Air? Ini 5 Hal yang Ditakuti Kucing Peliharaan, yang Wajib Diketahui Para Pemilik Kucing

BACA JUGA:Bukan Hanya di Cipedak dan Gunung Ciremai, Hulu Sungai Citaal Kuningan Ini, Diduga Miliki Kandungan Emas

Dengan demikian, situasi pasar emas akan terus dipantau dengan cermat oleh para pelaku pasar dalam beberapa waktu ke depan, karena pergerakan harga emas tidak hanya mempengaruhi pasar logam mulia itu sendiri, tetapi juga memberikan gambaran tentang keadaan ekonomi global secara keseluruhan.

Grafik Harga Emas XAU/USD Hari Selasa, 13 Februari 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: