Primbon Sunda Disebut Paririmbon, Mengandung 3 Nilai, Berupa Kumpulan Catatan Perhitungan hingga Ramalan

Primbon Sunda Disebut Paririmbon, Mengandung 3 Nilai, Berupa Kumpulan Catatan Perhitungan hingga Ramalan

Paririmbon Sunda berisi catatan perhitungan tanggal lahir atau wedal hingga ramalan. -Foto via Shopee-radarkuningan.com

BACA JUGA:Bisa Bikin Ganteng Maksimal, 3 Rekomendasi Mobil Sport under 100 Jutaan!

Kearifan lokal dapat ditelusuri dalam budaya Nusantara. Puncak-puncak budaya Nusantara (daerah) akan membentuk budaya Indonesia. Salah satu wujud budaya Nusantara dalah paririmbon atau primbon.

Penelitian ini secara komprehensif memaparkan nilai-nilai edukatif dalam paririmbon yang merupakan eksplorasi kearifan lokal sebagai landasan etnopedagogik. 

Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif. Data dikumpulkan dengan teknik studi pustaka dan wawancara. Data diolah dengan metode hermeneutik
melalui analisis unsur langsung. 

Penelitian ini menemukan Paririmbon Sunda mengandung aspek pengetahuan. Seperti  penanggalan, pernasiban, perwatakan dan firasat, peristirwa alam, dan tanda-tanda.

BACA JUGA:Darma, Desa Terkenal di Selatan Kuningan Ini Ternyata Singkatan Berbahasa Sunda, Diambil dari 5 Siloka Darajat

Setidaknya ada 3 nilai dari Paririmbon Sunda, yakni:

1. Nilai-nilai edukatif paririmbon (primbon) mengacu kepada nilai edu-matematik, edu-kosmologis, edu-semiotik, edu-geografis, dan edu-grafosemantik.

2. Nilai kearifan lokal dalam Paririmbon mengacu kepada nilai cinta lingkungan, ketaatan, tatakrama, kepercayaan, dan pendidikan karakter atau kritis, kreatif, dan produktif.

Nilai kearifan lokal tersebut dapat dijadikan landasan etnopedagodik karena mengacu kepada nilai keteraturan (kedisiplinan), keingintahuan, dan visioner.

BACA JUGA:Sering Dianggap Kenakalan, Ternyata Ini 4 Alasan Kucing Suka Menggaruk Jok Motor, yang Penting Diketahui!

3. Nilai etnopedagogik berada dalam konteks nasionalisme yang bertujuan membangun bangsa ketahanan budaya. Sementara, dasar ketahan budaya adalah kearifan lokal.

Itulah Paririmbon Sunda. Tak ada bedanya dengan Peimbon Jawa. Selain berisi ramalan, ternyata juga memiliki banyak nilai. Termasuk nilai kearifan lokal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: