Hati-hati! Tilang Eletronik Bisa Masuk Jalan Perkampungan, Sudah 1000 Motor Disiapkan untuk Deteksi Pelanggar

Hati-hati! Tilang Eletronik Bisa Masuk Jalan Perkampungan, Sudah 1000 Motor Disiapkan untuk Deteksi Pelanggar

Tilang elektronik sudah bisa masuk kampung dengan adanya armada patroli yang dipasangi kamera.-Istimewa - Tangkapan Layar-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Pelanggaran lalu lintas sebentar lagi akan sulit mengelak. Bukan hanya di jalan utama, di gang-gang perkampungan pun para pelanggar akan terdeteksi kamera tilang elektronik.

Bahkan sudah ada 1000 unit motor polisi lalu lintas (Polantas) yang dilengkapi kamera elektronik atau ETLE di berbagai sudut, sudah siap masuk ke kampung-kampung.

Memang belum ada konfirmasi secara resmi dari pihak kepolisian soal rencana tersebut. Namun ada unggahan video yang disertai penjelasannya tentang rencana kamera elektronik yang dipasang di motor-motor polantas.

Dalam video tersebut berisi ada seorang polisi yang berpatroli dengan menggunakan sepeda motor. Patroli itu, seperti dilakukan di Kota Bandung Jawa Barat. 

BACA JUGA:Hukum Tidak Sengaja Menabrak Kucing Sampai Mati, Mitos Bikin Sial? Buya Yahya Menjawab

Karena ada tulisan “Bandung” yang terekam dari motor polisi tersebut. Juga sang polisi itu, beberapa kali menyelingi dengan menggunakan bahasa Sunda.

Dalam patroli yang dilengkapi kamera elektronik tersebut seorang polisi mendeteksi para pelanggar lalu lintas. Dari yang tidak menggunakan helm, hingga motor yang tidak layak jalan.

Motor polantas tersebut dengan leluasa memotret para pelanggar. Dari motor yang digunakan, nomor polisi hingga wajah pengendara.

Semuanya secara jelas bisa dijepret menggunakan kamera elektronik yang dipasang di beberapa tempat di motor patroli tersebut. Termasuk para pelanggar yang berbalik arah, menghindari patroli.

BACA JUGA:Rekomendasi Mobil Bekas Hemat dan Nyaman Cocok untuk Mudik 2024, Mulai dari 60 Juta Saja!

Bahkan sang polisi sambil mengendarai motornya menegur pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helem. Motor itu ditumpangi 3 orang seperti satu keluarga, bapak, ibu dan anak kecil yang berdiri di bagian depan motor tersebut.

Pengendara itu difoto oleh motor patroli tersebut. Kemudian ditegur oleh sang polisi. “Mau ke mana? Jangan di jalan raya kalau gak pakai helm. Motor gak ada surat-suratnya kan? SIM juga gak ada kan?”

Begitu sang polisi menegur yang terekam dalam kamera. Polisi pun tetap melaju dengan pelan. Sementara 3 orang penyumbang satu sepeda motor yang ditegur tersebut menghentikan lajunya. Sepertinya mereka menyadari pelanggaran yang dilakukan.

Kemudian polisi yang menggunakan sepeda motor patroli Itu mendatangi kerumunan beberapa orang pelajar. Sang polisi itu kemudian turun dan menegur para pelajar tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: