Jangan Panik! Lakukan Ini Jika Tidak Sengaja Batal Puasa Di Bulan Ramadhan, Simak Penjelasannya

Jangan Panik! Lakukan Ini Jika Tidak Sengaja Batal Puasa Di Bulan Ramadhan, Simak Penjelasannya

Berikut hal yang harus kamu lakukan saat kamu tidak sengaja batal puasa-Freepik -Radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Mendekati bulan suci ramadhan, umat islam di seluruh dunia pastinya tengah bersiap untuk melakukan ibadah puasa yang akan dilaksanakan selama tiga puluh hari lamanya.

Berbeda dengan puasa sunnah yang bisa kamu lakukan setiap hari, umat islam percaya jika berpuasa di bulan ramadhan merupakan ibadah sakral yang berbeda dari ibadah-ibadah lain.

Oleh karenanya, diperlukan sebuah persiapan yang matang untuk mempersiapkan diri menjelang bulan suci, karena menahan lapar dan haus bukanlah hal yang mudah untukmu yang tidak terbiasa berpuasa.

Tidak sedikit orang-orang yang secara tidak sengaja membatalkan puasanya saat tengah berpuasa di bulan suci ramadhan.

BACA JUGA:Ular Kecil Berbahaya Ini Wajib Kamu Waspadai! Nomor 2 Sering Masuk Rumah!

Faktor ini tentunya disebabkan karena ketidakbiasaan seseorang dalam menjalankan ibadah puasa. Lalu, apakah hal ini merupakan sebuah dosa besar?

Mengingat hal ini, apakah berdosa jika kamu tidak sengaja batal saat tengah melaksanakan ibadah puasa di bulan ramadhan? kali ini kami akan merangkumnya dalam dua poin. Berikut penjelasannya. 

1. Hukum Dasar Islam

Secara hukum islam, sobat tidak dianggap batal jika sobat memang secara tidak sengaja batal puasa

BACA JUGA:Ular Hitam Kecil Masuk Rumah Jangan Dibun*h, Ini 6 Arti Ular Kawat Masuk Rumah Menurut Primbon Jawa

Apabila secara tidak sadar ataupun dalam keadaan lupa sobat makan, minum, dan melakukan hal-hal lain yang dapat membatalkan puasa, secara hukum islam maka sobat tidak dianggap batal. 

Hal ini didasari dengan fatwa dari Syekh Ibnu Hajar Al-Haitami, dalam Tuhfah Al-Muhtaj yang menyatakan bahwa "Jika seseorang makan dalam keadaan lupa, maka puasanya tidak batal, kecuali yang dimakan banyak (secara disengaja)." 

2. Berdzikir, Memohon Ampun, dan Tidak Mengulangi

Seperti yang sobat ketahui, dalam agama islam Allah Subhanahu Wataala memiliki sifat-sifat yang disebut dengan Asmaul Husna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: