Hampir Punah! Ini Fakta Harimau Sumatera Di Indonesia Yang Harus Kamu Ketahui, Simak Penjelasannya!

Hampir Punah! Ini Fakta Harimau Sumatera Di Indonesia Yang Harus Kamu Ketahui, Simak Penjelasannya!

Jenis Harimau Langka Di Indonesia-Stockvault-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Harimau, merupakan salah satu spesies kucing besar yang mana sama-sama kita ketahui dalam keadaan terancam punah. 

Meski kesannya harimau masih memiliki koloni dan spesies harimau yang melimpah, fakta lapangan tidak berkata demikian. Faktanya, di Indonesia sendiri hanya tinggal memiliki satu jenis spesies harimau asli Indonesia yang masih bertahan hidup hingga sekarang. 

Jenis harimau Indonesia ini merupakan spesies harimau resmi yang berasal dari Pulau Sumatera, Indonesia. Hewan ini juga merupakan Jenis harimau endemik yang memiliki habitat asli di Pulau Sumatera

Meski hampir punah, faktanya hewan ini masih memiliki jumlah yang sangat besar dalam koloni-nya yang telah tersebar di seluruh hutan di Indonesia. Ingin tahu fakta dari jenis harimau yang hampir punah ini? yuk, simak informasinya berikut ini! 

BACA JUGA:Tanda-Tanda Kehidupan Harimau Jawa Di Sukabumi, Benarkah Kucing Besar Ini Hidup Kembali Dan Tidak Punah?

Tersisa Kurang Dari 1000 (Seribu) Ekor Di Seluruh Indonesia

Harimau asli Indonesia ini hanya tinggal tersisa seribu ekor saja di seluruh Indonesia. Jumlah ini adalah jumlah yang sangat kecil ketimbang spesies hewan endemik lainnya di Indonesia. 

Fakta yang miris dan menyedihkan ini didukung dengan data-data dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, yang secara gamblang menyatakan bahwa Harimau Sumatera tersisa 400 ekor saja yang tersebar di alam liar (dataran rendah, dataran tinggi, lahan gambut, hutan hujan pegunungan).

Data lain menyebutkan bahwa salah satu spesies harimau asli Indonesia ini tinggal tersisa kurang dari 600 ekor yang hidup di alam liar. Sungguh berita yang menyedihkan, apalagi jika mengingat Harimau Sumatera merupakan satu-satunya harimau endemik Indonesia yang terakhir.

BACA JUGA:Sudah Di Nyatakan Punah Selama Puluhan Tahun, Apakah Benar Harimau Jawa Masih Belum Punah?

Predator Yang Diburu

Meski menjadi spesies kucing besar yang notabene merupakan seekor predator di alamnya, pada kenyataannya Harimau Sumatera merupakan seekor predator yang diburu oleh predator yang paling berbahaya di muka bumi, yaitu manusia. 

Tingkat perburuan Harimau Sumatera sangatlah tinggi, hingga menyisakan kurang dari seribu saja spesies Harimau Sumatera yang tersisa dan tersebar di seluruh Indonesia. Meski memiliki gelar 'predator' di alam liar, pada kenyataannya takluk dengan senjata api para pemburu yang membabi-buta spesies hewan langka ini.

Oleh karenanya, aturan yang tegas diperlukan untuk melindungi spesies kucing besar ini. Peran dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan cukup besar dalam menghadapi masalah ini, mengingat wewenang terbesar di negara ini jatuh kepada pemerintahan yang tengah memimpin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: