Tanda-Tanda Kehidupan Harimau Jawa Di Sukabumi, Benarkah Kucing Besar Ini Hidup Kembali Dan Tidak Punah?

Tanda-Tanda Kehidupan Harimau Jawa Di Sukabumi, Benarkah Kucing Besar Ini Hidup Kembali Dan Tidak Punah?

tanda-tanda kehidupan harimau jawa-pinterest-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Beberapa hari ini publik di hebohkan dan dikejutkan oleh penemuan sehelai rambut harimau yang di temukan di Sukabumi.

Banyak orang yang meyakini bahwa sampel rambut harimau tersebut merupakan jenis harimau Jawa yang telah punah sejak tahun 1980an.

Meskipun sudah dinyatakan punah oleh IUCN, tetapi adanya tanda-tanda kehidupan harimau Jawa membuat banyak orang meyakini bahwa hewan ini belum sepenuhnya punah.

Hal ini di dukung oleh BRIN (Badan Riset Inovasi Nasional) yaitu Wirdateti salah satu Peneliti Pusat Riset Biosistematika dan Evolusi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengungkapkan adanya temuan sehelai rambut Harimau Jawa di pagar pembatas antara kebun rakyat dengan jalan desa Cipeundeuy diSukabumi Selatan, Jawa Barat. 

BACA JUGA:Sudah Di Nyatakan Punah Selama Puluhan Tahun, Apakah Benar Harimau Jawa Masih Belum Punah?

BACA JUGA:Kesalahan Genetika Langka? Ini Fakta Menarik Harimau Putih Langka Yang Wajib Kamu Ketahui! Simak Penjelasannya


sampel rambut harimau-BRIN-radarkuningan.com

Dari serangkaian analisis DNA komprehensif yang telah dilakukan, Teti dan tim menyimpulkan sampel rambut harimau yang ditemukan di Sukabumi Selatan adalah species Panthera tigris sondaica atau Harimau Jawa.

Termasuk dalam kelompok yang sama dengan spesimen Harimau Jawa koleksi Museum Zoologicum Bogoriense (MZB) pada 1930. 

keyakinan tersebut diperkuat oleh prosedur ilmiah lainnya yang telah dilakukan. Selain menemukan rambut, dari lokasi tersebut juga ditemukan bekas cakaran mirip harimau yang semakin menguatkan Teti untuk melakukan observasi lanjutan.

Identifikasi awal Teti bersama tim adalah melakukan studi perbandingan sampel rambut harimau yang ditemukan di Sukabumi Selatan  dengan spesimen  Harimau Jawa koleksi MZB.

BACA JUGA:Mengenal Kucing Besar Endemik, Ini 3 Perbedaan Harimau Jawa dan Sumatra yang Perlu Diketahui

BACA JUGA:Bukan Cuman Harimau Jawa! 3 Hewan Endemik di Indonesia Ini Kembali Ditemukan Setelah Dinyatakan Punah

Kemudian beberapa subspesies sampel harimau lain, yaitu Harimau Bengal, Amur dan Sumatra, serta Macan Tutul Jawa yang digunakan sebagai kontrol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: