Jangan Sampe Salah Kaprah! Inilah Perbedaan Signifikan Antara Harimau Jawa dan Harimau Sumatera

Jangan Sampe Salah Kaprah! Inilah Perbedaan Signifikan Antara Harimau Jawa dan Harimau Sumatera

perbedaan harimau jawa dan harimau sumatera-Ilustration by Radarkuningan.com (Fattah)-radarkuningan.disway.id

RADARKUNINGAN.COM - Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) dan Harimau Jawa (Panthera tigris sondaica) adalah dua spesies Harimau yang eksklusif ditemukan di Indonesia.

Namun sayangnya, Harimau Jawa telah dinyatakan punah sejak tahun 1980-an. Namun, berbagai laporan dari tahun 1990-an hingga kini sering kali mengindikasikan bahwa harimau ini mungkin masih bertahan hidup.

Bukti berupa jejak, guratan di pohon, dan rambut yang ditemukan, serta penemuan bulu yang diduga milik Harimau Jawa baru-baru ini, terus memicu spekulasi di kalangan pecinta satwa endemik.

Meskipun begitu, tidak ada konfirmasi yang jelas mengenai keberadaan Harimau Jawa saat ini. Akibatnya, Harimau Sumatera adalah satu-satunya jenis harimau endemik yang masih eksis di Indonesia.

BACA JUGA:Sederet Bukti Keberadaan Harimau Jawa, Bagaimana Bedanya dengan Macan Tutul?

Perbedaan Antara Harimau Sumatera dan Harimau Jawa

Meskipun sekilas kedua harimau ini tampak mirip, terdapat beberapa perbedaan signifikan antara keduanya. Berikut adalah perbedaan signifikan antara Harimau Sumatera dan Harimau Jawa.

Habitat

Harimau Sumatera: Harimau ini ditemukan di pulau Sumatera, Indonesia, terutama di hutan hujan tropis, pegunungan, dan dataran rendah. Banyak ditemukan di wilayah Riau, harimau ini beradaptasi dengan berbagai tipe habitat di Sumatera.

Harimau Jawa: Sebelum dinyatakan punah, harimau ini banyak ditemukan di hutan-hutan dataran rendah di pulau Jawa, mulai dari ujung Banyuwangi di Jawa Timur hingga Ujung Kulon di Banten.

Warna Tubuh

Harimau Sumatera: Bulu harimau ini cenderung lebih gelap dibandingkan harimau lainnya, dengan warna coklat gelap dan corak belang yang rapat. Bulu mereka juga relatif lebih pendek.

BACA JUGA:Sederet Bukti Eksistensi Harimau Jawa, Mulai DNA, Feses hingga Rambut, Apakah Selamat dari Kepunahan?

Harimau Jawa: Harimau Jawa memiliki bulu yang lebih cerah dengan corak garis hitam yang lebih sempit dan kurang tegas dibandingkan Harimau Sumatera.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: