Punah Terlebih Dahulu Sebelum Harimau Jawa? Ini Daftar Harimau Yang Sudah Punah Di Alam, Kamu Wajib Tahu!

Punah Terlebih Dahulu Sebelum Harimau Jawa? Ini Daftar Harimau Yang Sudah Punah Di Alam, Kamu Wajib Tahu!

Ini daftar harimau yang sudah punah di alam liar, simak penjelasannya! -Stockvault-Radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Harimau telah dinyatakan sebagai salah satu hewan yang terancam punah atau disebut juga sebagai 'endangered species' yang berarti terancam punah. 

Sudah banyak jenis harimau yang terancam punah, adapun jenis-jenis harimau yang dinyatakan terancam punah tersebut berasal dari seluruh penjuru dunia tanpa terkecuali. Mengapa bisa demikian? karena krisis lingkungan terjadi di seluruh penjuru dunia, dan bukan Indonesia saja, tidak herana jika banyak spesies harimau terancam. 

Perburuan liar yang dilakukan oleh para manusia yang serakah, kebakaran hutan, pembabatan pohon secara ilegal, serta pemanasan global menjadi faktor utama akan punahnya kucing raksasa atau macan ini. 

Berbagai upaya sudah dilaksanakan, mulai dari penetapan jenis-jenis harimau terancam punah, penetapan zona hutan konservasi, hingga penyelamatan satwa liar untuk dikawinkan di zona khusus demi menyambung kehidupannya. Untuk mengetahui jenis harimau yang punah, berikut pembahasannya!

BACA JUGA:Bye bye Kolesterol! Ini 10 Makanan Rendah Kolesterol yang Baik Untuk Menu Buka Puasa

1. Harimau Bali 

Harimau Bali, salah satu jenis harimau yang sudah punah di daftar ini langsung berasal dari Indonesia. Harimau endemik yang berasal langsung dari Kepulauan Bali ini sudah dinyatakan punah jauh sebelum berita tentang ditemukannya bulu Harimau Jawa viral. 

Faktor kepunahan dari Harimau Bali ini antara lain berkurangnya spesies secara signifikan di alam liar. Adapun pengurangan spesies ini terjadi karena tidak adanya kemampuan adaptasi dari Harimau Bali terhadap perubahan yang terjadi di alam liar sebagai habitat alami dari Harimau Bali, yang mana adalah Kepulauan Bali itu sendiri.

Hilangnya kemampuan adaptasi ini diakibatkan dari masalah ekosistem yang semakin tidak jelas akibat adanya pembakaran hutan, perburuan liar, dan rusaknya habitat Harimau Bali oleh manusia. Meski demikian, Harimau Bali menjadi salah satu jenis satwa endemik yang dibanggakan oleh negara, meski sudah dalam kondisi punah.

BACA JUGA:Penampakan Site Plan JW One Hotel yang Ditolak Warga Linggarjati, Gegara Rencana Gusur 2 Sekolah?

2. Harimau Jawa

Lagi-lagi dari Indonesia, kali ini Harimau yang telah punah ini berasal dari salah satu pulau terbesar dan memiliki rasio hidup tertinggi di Indonesia, yaitu Pulau Jawa. Harimau Jawa, adalah spesies asli Indonesia yang berasal dari Pulau Jawa dan memiliki persebaran habitat yang sebenarnya sangat luas.

Dengan persebaran habitat yang luas dan tempat tinggal yang notabene memiliki sumber daya alam yang memadai, pada faktanya tidak menjadikan spesies asli Indonesia ini tetap hidup. Harimau Jawa telah dinyatakan punah meski kemarin baru saja ditemukan bulu Harimau Jawa yang menjadi viral karena kepunahan spesies ini.

Sama seperti faktor umum yang sudah menjadi hal yang dianggap lumrah di Indonesia, Harimau Jawa yang seharusnya memiliki harapan hidup besar karen tingkat reproduksinya yang tinggi dan habitat yang tersebar luas, harus punah karena perburan liar dan perusakan habitat yang dilakukan oleh proyek-proyek manusia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: