Keberadaannya Nihil! Inilah 5 Satwa Endemik Indonesia yang Sudah Punah karena Aktivitas Manusia

Keberadaannya Nihil! Inilah 5 Satwa Endemik Indonesia yang Sudah Punah karena Aktivitas Manusia

Keberadaannya Nihil! Inilah 5 Satwa Endemik Indonesia yang Sudah Punah karena Aktivitas Manusia-ist/Beritabali-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM – Sangat disayangkan meskipun Indonesia ini memiliki keanekaragaman hayati dan hewani, namun banyak darinya yang terancam punah.

Bahkan ada beberapa diantaranya hewan endemik Indonesia yang sudah punah dan tidak terlihat lagi keberadaannya.

Mungkin kalian sudah tahu tentang Harimau Jawa yang pernah dinyatakan punah pada tahun 1980an, dan kembali ditemukan jejak keberadaannya pada abad ke-20.

Meskipun begitu, keberadaan Harimau Jawa ini masih perlu dieksplor lebih lanjut lagi untuk memastikan status kepunahannya.

BACA JUGA:Termasuk Harimau Jawa, Inilah 5 Hewan yang Dinyatakan Punah tapi Ditemukan Lagi di Wilayah Indonesia

BACA JUGA:Inilah Beberapa Hewan yang Dicintai dan Disayangi Nabi Muhammad SAW

Nah, selain harimau Jawa, ada lagi beberapa satwa endemik yang sudah punah atau pernah punah di Indonesia. Penasaran apa saja hewan tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Harimau Bali

Masih berkeluarga dengan harimau Jawa, Harimau Bali juga termasuk jenis kucing besar yang ada di Indonesia dan sudah dinyatakan punah.

Harimau Sumatera yang dianggap terancam punah. Meskipun keberadaan Harimau Bali menunjukkan kekayaan dan keindahan alam Indonesia, sayangnya nasib mereka berakhir tragis. 

Pada tanggal 27 September 1937, terjadi peristiwa yang mengubah hidupnya. Area Sumber Kimia di Bali Barat adalah tempat harimau Bali terakhir ditembak mati. 

BACA JUGA:Jauhkan Dari Peliharaanmu! Ini Hewan Yang Tidak Boleh Dimakan Kucing, Nomor 2 Sering Dianggap Biasa

BACA JUGA:Bukan Hanya Harimau! Inilah 5 Hewan Yang Terancam Hampir Punah Di Indonesia, Apa Saja?

Ini terjadi saat aktivitas perburuan meningkat, terutama setelah Belanda kembali ke tanah air. Pada tahun 1938, status kepunahannya baru diresmikan.

2. Harimau Jawa

Nah, ini nih yang paling heboh, Harimau Jawa adalah satwa endemik Indonesia yang sudah punah atau lebih tepatnya sudah pernah dinyatakan punah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: