Ular Sanca Kembang Sudah Ada Sejak Zaman Dinosaurus? Simak Fakta Dan Penjelasannya Berikut Ini!

Ular Sanca Kembang Sudah Ada Sejak Zaman Dinosaurus? Simak Fakta Dan Penjelasannya Berikut Ini!

Profil ular sanca kembang yang konon sudah ada sejak zaman dinosaurus! -Stockvault-Radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Ular piton atau ular sanca, memiliki jutaan jenis yang tersebar di seluruh Indonesia. Salah satu jenis ular sanca yang terkenal karena ukuran badannya yang besar adalah ular sanca kembang.

Ular sanca kembang dapat membesar hingga lima kali ukuran ular sawah, dan puluhan kali lipat ukuran ular kawat yang kerap sama-sama memasuki rumah warga. Kamu tidak salah dengar, ular sanca kembang termasuk dalam salah satu jenis ular yang kerap memasuki rumah warga. 

Ular sanca kembang mempunyai insting yang lebih kuat, badan yang lebih besar dan lebar, serta kemampuan untuk meremukkan mangsa menggunakan lilitan badannya. Karena besarnya ular sanca kembang ini, banyak orang yang mengira jika ular sanca kembang merupakan ular purba yang masih hidup hingga saat ini.

Meski terdengar mustahil, namun pada faktanya ular sanca kembang yang termasuk dalam jenis ular piton ini memang memiliki darah murni dari ular purba yang sebenarnya lho. Untuk meyakinkan hal ini, kami telah menyiapkan dua poin sejarah yang bisa kamu pelajari. 

BACA JUGA:Ular Piton dan Ular Sanca Apakah Sama? Atau Berbeda? Simak Penjelasannya Berikut Ini!

Fakta Sejarah Ular Sanca Kembang dan Ular Purba

Ular sanca kembang, merupakan jenis ular piton yang memiliki badan besar serta kemampuan untuk melilit mangsanya hingga hancur. Sedangkan ular purba disebut sebagai Titanoboa. Keduanya sama-sama memiliki kemampuan untuk melilit musuh menggunakan badan besarnya.

Titanoboa dan ular sanca kembang juga sama-sama bukan jenis ular yang berbisa, sehingga tidak dapat membunuh mangsa-nya dengan racun seperti ular-ular pada umumnya. Hal ini semakin membuat persepsi kesamaan antara ular purba titanoboa dan ular sanca kembang ini.

Faktanya, ular sanca kembang yang masuk kedalam famili piton, memang punya garis darah dengan ular purba titanoboa. Meskipun jaraknya jauh, akan tetapi jalur evolusi makhluk hidup mempertemukan keduanya hingga menjadi seperti sekarang ini. Dengan begitu, kita tidak perlu heran lagi atas kesamaan dua makhluk ini.

BACA JUGA:Ingin Percantik Rumah Saat Lebaran? Ini Nih 5 Tanaman Hias Pewangi Alami Ruangan, Cocok Disimpan Di Ruang Tamu

Itulah bukti dan fakta sejarah terkait dengan ular sanca kembang. Adapun fakta bahwa ular sanca kembang merupakan keturunan dari ular purba, semuanya harus dibuktikan dengan literatur dan data yang jelas. Jadi, pastikan kamu menyaring informasi dengan baik ya sob! 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: